Penumpang Kapal Laut di Maluku Diimbau Kenakan Masker saat Bepergian

Otoritas mengimbau masyarakat saat mudik akhir tahun menggunakan kapal laut untuk menggunakan masker.
Aktivitas warga di Pelabuhan Bastiong Ternate jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Ternate, Senin (18/2023)./Antara-Abdul Fatah.
Aktivitas warga di Pelabuhan Bastiong Ternate jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di Ternate, Senin (18/2023)./Antara-Abdul Fatah.

Bisnis.com, TERNATE - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, mengimbau warga memakai masker saat melakukan perjalanan menggunakan kapal laut selama liburan akhir tahun, Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kami sesuaikan hasil rapat bersama dalam pengamanan Natal dan tahun baru dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad di Ternate, Senin (18/12/2023).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan surat edaran kepada Dinas Kesehatan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota mengenai kewaspadaan mewabahnya Covid-19 di sejumlah negara di Asia Tenggara.

Dia mengatakan, dengan surat edaran tersebut pihaknya mengimbau masyarakat saat mudik akhir tahun menggunakan kapal laut untuk menggunakan masker.

"Kami meminta masyarakat untuk menaati imbauan dari Kementerian Kesehatan mengenai mewabahnya kembali Covid-19," ujarnya.

Dia menjelaskan berdasarkan surat edaran tersebut, maka dibentuk Posko Natal dan Tahun Baru di tiga titik pelabuhan di Kota Ternate dengan melibatkan tim kesehatan.

"Tiga posko baik di Pelabuhan Bastiong di Kecamatan Ternate Selatan, Pelabuhan Dufa - Dufa di Kecamatan Ternate Utara dan Pelabuhan Ahmad Yani yang berada di Kecamatan Tengah itu, ada petugas kesehatan pelabuhan, sehingga begitu kita dapat mengawasi pergerakan masyarakat dari dan ke Kota Ternate," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate.

Dalam apel pengamanan Natal dan tahun baru yang dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate itu, KSOP Ternate memastikan semua kapal yang akan melayani masyarakat dalam kondisi laik berlayar.

Sehingga, dengan mengikuti informasi cuaca dari BMKG setempat, kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, maka pelayaran baik antarpulau di wilayah Maluku Utara maupun tujuan ke provinsi lain di Indonesia akan berjalan lancar dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler