Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Teluk Wondama Kembangkan Padi Ladang di Webi

Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, berhasil mengembangkan padi ladang atau lahan kering.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Oktober 2020  |  23:44 WIB
Panen padi ladang di Teluk Wondama. - Antara
Panen padi ladang di Teluk Wondama. - Antara

Bisnis.com, MANOKWARI – Petani lokal di Kampung Webi, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, berhasil mengembangkan padi ladang atau lahan kering. Panen perdana padi ladang milik kelompok tani di kampung tersebut dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020).

Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan Dinas Pertanian Teluk Wondama, Ika Wahyu Prastuti, berharap kelak Kampung Webi menjadi lumbung pangan bagi daerah tersebut.

"Kanpung Webi selama ini terkenal sebagai penghasil aneka pangan lokal, sayur-sayuran, dan saat ini padi. Mudah-mudahan ke depan menjadi lumbung pangan bagi Teluk Wondama," ujarnya.

Ika menyebutkan pengembangan padi di kampung ini dipelopori oleh Erkianus Mbari, yang merupakan petani asli Papua.

Hasil panen ini, kata Ika, akan dikembangkan sebagai benih. Benih padi jenis cehereng itu akan dibagikan kepada para petani di Teluk Wondama yang ingin mengembangkanya.

Dia juga berharap bukti yang telah ditunjukkan Mbari dan kelompoknya di Kampung Webi akan memacu semangat petani lokal lain.

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19 semangat petani untuk menanam menjadi harapan pemerintah daerah. Teluk Wondama masih memiliki lahan cukup luas untuk pengembangan pertanian. "Pandemi jangan membuat kita takut. Lahan dan benih kita yang cukup. Dinas selalu siapkan sarana produksi."

Panen perdana padi ladang milik kelompok tani Urimarei tersebut dilakukan bersama Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Hendrik Rico Tetelepta; serta Kepala Distrik Rasiei, Yemima Masaker.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tanaman pangan Papua Barat

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top