Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teluk Wondama Kembangkan Padi Ladang di Webi

Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, berhasil mengembangkan padi ladang atau lahan kering.
Panen padi ladang di Teluk Wondama./Antara
Panen padi ladang di Teluk Wondama./Antara

Bisnis.com, MANOKWARI – Petani lokal di Kampung Webi, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, berhasil mengembangkan padi ladang atau lahan kering. Panen perdana padi ladang milik kelompok tani di kampung tersebut dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020).

Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman Pangan Dinas Pertanian Teluk Wondama, Ika Wahyu Prastuti, berharap kelak Kampung Webi menjadi lumbung pangan bagi daerah tersebut.

"Kanpung Webi selama ini terkenal sebagai penghasil aneka pangan lokal, sayur-sayuran, dan saat ini padi. Mudah-mudahan ke depan menjadi lumbung pangan bagi Teluk Wondama," ujarnya.

Ika menyebutkan pengembangan padi di kampung ini dipelopori oleh Erkianus Mbari, yang merupakan petani asli Papua.

Hasil panen ini, kata Ika, akan dikembangkan sebagai benih. Benih padi jenis cehereng itu akan dibagikan kepada para petani di Teluk Wondama yang ingin mengembangkanya.

Dia juga berharap bukti yang telah ditunjukkan Mbari dan kelompoknya di Kampung Webi akan memacu semangat petani lokal lain.

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19 semangat petani untuk menanam menjadi harapan pemerintah daerah. Teluk Wondama masih memiliki lahan cukup luas untuk pengembangan pertanian. "Pandemi jangan membuat kita takut. Lahan dan benih kita yang cukup. Dinas selalu siapkan sarana produksi."

Panen perdana padi ladang milik kelompok tani Urimarei tersebut dilakukan bersama Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru; Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Hendrik Rico Tetelepta; serta Kepala Distrik Rasiei, Yemima Masaker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper