Pemekaran Manokwari, Pemda Lakukan Percepatan

Pembentukan Kota Manokwari sudah diperjuangkan sejak lama. Sekarang tinggal menunggu waktu yang tepat untuk pembentukan dan pemindahan kabupaten.
Bupati Manokwari Hermus Indou./Antara-Ali Nur Ichsan.
Bupati Manokwari Hermus Indou./Antara-Ali Nur Ichsan.

Bisnis.com, MANOKWARI - Pemerintah Kabupaten Manokwari, Papua Barat, segera membentuk lima distrik baru untuk memenuhi syarat administrasi pembentukan Kota Manokwari.

"Kita persiapkan Kampung Mokwam jadi satu distrik, Distrik Masni dimekarkan jadi dua distrik, Distrik Prafi dimekarkan satu distrik, Distrik Manokwari Utara dimekarkan satu distrik," kata Bupati Manokwari Hermus Indou di Manokwari, Senin (14/8/2023).

Hermus menjelaskan saat ini Kabupaten Manokwari hanya memiliki sembilan distrik, sementara syarat pembentukan kabupaten/kota adalah tiap daerah minimal harus memiliki lima distrik.

"Pembentukan Kota Manokwari sudah mendapat amanat dari Presiden dan RUU sudah ada. Oleh karena itu, jumlah distrik untuk kabupaten dan kota harus dipenuhi," ujarnya.

Dengan adanya kota maka pusat pemerintahan Kabupaten Manokwari berpindah ke dataran Wapramasi.

Dataran Wapramasi adalah singkatan untuk daerah yang merupakan gabungan empat distrik yaitu Warmare, Prafi, Masni dan Sidey.

"Pembentukan Kota Manokwari sudah diperjuangkan sejak lama. Sekarang tinggal menunggu waktu yang tepat untuk pembentukan dan pemindahan kabupaten ke dataran Wapramasi," katanya.

Selain akan melakukan pemekaran distrik dan kampung, Hermus menjelaskan Pemkab Manokwari juga mempersiapkan infrastruktur pendukung lainnya seperti penambahan ruas jalan dan pemanfaatan gedung-gedung untuk perkantoran.

"Dengan berpindahnya pusat pemerintahan kabupaten ke dataran Wapramasi maka kita mulai segala sesuatunya dari nol lagi seperti kantoran. Kita akan perkuat pembangunan di Wapramasi sehingga gedung-gedung pemerintahan di sana nantinya bisa dimanfaatkan untuk operasional Pemkab Manokwari sementara," ujar Hermus.

Menurutnya, pembentukan kota adalah kebutuhan dan aspirasi warga yang harus didukung pemerintah sehingga diharapkan dengan adanya kota administrasi Manokwari maka akan mempercepat pembangunan di Manokwari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler