Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral, Video Kericuhan di PON Papua, Atlet Tinju Dipukul Relawan

Aksi kericuhan mewarnai gelaran PON XX Papua. Dalam video yang viral di media sosial, atlet tinju terkena pukul relawan.
Kericuhan PON Papua/Istimewa
Kericuhan PON Papua/Istimewa

Bisnis.com, PAPUA - Rekaman video yang memperlihatkan kericuhan di acara PON XX Papua, viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat seorang atlet tinju diamankan petugas keamanan dan relawan.

Saat melerai keributan itu sejumlah relawan terlihat ada yang emosi, hingga akhirnya baku pukul tak terhindarkan.

Dilansir dari Tempo, kericuhan tersebut terjadi saat atlet tinju DKI Jakarta, Jill Mandagie bertarung melawan Luki Mira Agusto Hari dari NTT pada Jumat (8/10/2021).

Keributan ini berawal saat Jil Mandagie tidak terima dengan keputusan wasit yang memenangkan lawannya. Atlet DKI itu turun dari ring, lalu membanting pintu hingga kemudian memukul spanduk pembatas.

Protes yang dinilai berlebihan memicu reaksi dari relawan PON Papua yang tergabung dalam panitia pelaksana. Baku hantam sempat terjadi. Jil Mandagie sempat dipukul.

Sejumlah aparat kepolisian dan TNI di lokasi kejadian langsung melakukan pengamanan khusus terhadap atlet dan ofisial tinju DKI. Tak terima dengan perlakukan itu, Jill Mandagie dan kuasa hukumnya melapor ke Polda Papua.

Keributan itu merupakan yang kedua terjadi di arena tinju PON Papua. Sebelumnya, seperti dilaporkan Antara, keributan juga terjadi pada Selasa, (5/10/2021).

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) Mayjen TNI (Purn) Komaruddin Simanjuntak bahkan sampai turun tangan meredakan suasana.

Insiden itu terjadi selepas laga nomor terbang ringan (45-48kg) putri antara petinju Papua Barat Merlin Tomalata menghadapi wakil tuan rumah Hana Kendi.

Keputusan wasit dan hakim yang menyatakan Hana Kendi menang direspons kurang elok oleh tim Papua Barat yang melancarkan protes keras kepada panitia pertandingan. Petugas keamanan turun tangan untuk melerai.

Ketika petugas keamanan melerai, suporter Papua Barat yang berada di tribun GOR Cendrawasih masih melancarkan cemoohan ketidakpuasan yang membuat Komaruddin naik ke ring untuk menenangkan publik.

Beberapa menit menyampaikan seruan kepada suporter dan penonton, Komaruddin akhirnya turun dari ring dan rangkaian pertandingan dilanjutkan antara petinju Nusa Tenggara Timur Sandu Nestavari Calvin menghadapi wakil Nusa Tenggara Barat Endang di nomor terbang ringan (45-48kg) putri.

"Itu sebetulnya tidak by design ya, tiba-tiba saja," kata Komaruddin saat ditemui di sela-sela jeda pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler