Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kajian Pembangunan Bandara Teluk Wondama Dipercepat

Percepatan pembangunan Bandara I.S Kijne di Mawoi Distrik Wasior menjadi agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.
Penerbangan perintis./Ilustrasi-Antara
Penerbangan perintis./Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, MANOKWARI - Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat mempercepat dokumen analisis dampak lingkungan (Amdal) pembangunan Bandara I.S Kijne di Wasior Kabupaten Teluk Wondama.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat, Abdullatief Suaeri di Wasior, Rabu (23/6/2021), mengatakan, pelaksanaan sidang (Amdal) pembangunan Bandara I.S Kijne dipercepat guna percepatan proses pembangunan yang sudah tertunda sejak 2018.

Meski demikian, dia menjamin percepatan itu tidak mengabaikan prosedur dan ketentuan baku dalam pengujian (Amdal).

“Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama sangat semangat mendorong pembahasan AMDAL ,sehingga alur pembahasan yang masih ada tiga sesi lagi langsung lompat ke Sidang Komisi," ujarnya.

Dengan terlaksananya Sidang Komisi (Amdal), jelas Suaeri, maka tersisa satu tahapan lagi, yakni verifikasi kelayakan dokumen oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat sebelum dinyatakan lulus (Amdal).

“Kalau itu sudah selesai maka bapak Bupati sudah bisa mengantongi dokumen Amdal yang utuh sebagai dasar untuk pengembangan bandara Wondama," katanya.

Bupati Hendrik Mambor yang memberikan keterangan terpisah, menegaskan percepatan pembangunan Bandara I.S Kijne di Mawoi Distrik Wasior menjadi agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama.

Kehadiran Bandara baru itu diyakini akan membawa dampak positif dalam berbagai sektor termasuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Teluk Wondama.

"Untuk diketahui, Pembangunan Bandara baru Kabupaten Teluk Wondama adalah perintah langsung dari Presiden Joko Widodo sewaktu berkunjung ke Wondama dalam peresmian Dermaga Wasior pada 2016, sehingga menjadi prioritas," tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler