Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) : Layanan di Jayapura Kembali Normal

Pada 30 April 2021 pukul 21.40 WIT SKKL Telkom ruas Biak-Jayapura putus pada posisi 280 kilometer dari Kota Biak dengan kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut.
Foto: Kondisi SKKL SMPCS yang rusak./Sumber: Telkom
Foto: Kondisi SKKL SMPCS yang rusak./Sumber: Telkom

Bisnis.com, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menyampaikan bahwa seluruh layanan Telkom di wilayah Jayapura dan sekitarnya kembali normal. 

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menjelaskan bahwa layanan panggilan suara, SMS hingga layanan data di Jayapura telah kembali pulih seperti dahulu. Para pelanggan Telkom Group di sana dapat mengakses seluruh layanan tersebut.

Pulihnya seluruh layanan disebabkan proses penyambungan kabel laut dari arah Biak/Sorong dan arah Jayapura telah selesai dilakukan.

Proses penyambungan kedua sisi dan proses penggelaran dengan melakukan pemindahan rute diselesaikan pada 8 Juni 2021, setelah sebelumnya dilakukan pengangkatan kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) dari arah Biak/Sorong dan kabel dari arah Jayapura. 

Dengan selesainya proses penyambungan kabel laut arah Biak/Sorong dan arah Jayapura ini, sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB, layanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya serta seluruh Papua kembali normal seperti sediakala.

“Telkom terus berupaya untuk menyegerakan penyelesaian penyambungan kabel SMPCS sesuai dengan waktu yang ditargetkan agar masyarakat dapat kembali menikmati layanan Telkom Group dengan nyaman seperti sediakala,” kata Ririek melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (8/6/2021). 

Sebelumnya, pada 30 April 2021 pukul 19.40 WIB atau pukul 21.40 WIT SKKL Telkom ruas Biak-Jayapura putus pada posisi 280 kilometer dari Kota Biak dengan kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut. 

Akibat peristiwa tersebut Kota Jayapura, Abepura, Sentani dan Sarmi mengalami gangguan layanan telekomunikasi, akses internet menjadi lelet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler