Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sempat Raib, Uang Rp6 Miliar dan Perhiasan Klemen Tinal Dikembalikan

Barang-barang yang hilang sudah dikembalikan utuh namun untuk mengedukasi masyarakat kasusnya tetap diselidiki agar tidak berulang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  19:28 WIB
Isteri mendiang Klemen Tinal, Ny Stefra Sodora Dupuy Tinal bersama Trifena Tinal dan Yansen Tinal menabur bunga ke dalam makam Klemen Tinal. - Antara/Evarianus Supar.
Isteri mendiang Klemen Tinal, Ny Stefra Sodora Dupuy Tinal bersama Trifena Tinal dan Yansen Tinal menabur bunga ke dalam makam Klemen Tinal. - Antara/Evarianus Supar.

Bisnis.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri membenarkan adanya pengembalian uang sebesar Rp6 miliar, perhiasan, dan jam rolex milik almarhum Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dan istri yang sebelumnya dinyatakan raib.

"Memang benar ada pengembalian uang dan berbagai perhiasan yang sempat raib dari rumah dinas Wagub, yang berlokasi di Dok V Atas Jayapura," kata Kapolda, di Jayapura, Senin (31/5/2021).

Pengembalian uang beserta perhiasan milik almarhum Wagub Tinal dan keluarga diserahkan melalui Dansat Brimob Kombes Godhelp Mansnembra.

Diakui, hingga kini belum dipastikan berapa besar kerugian akibat kerusakan di rumah dinas Wagub Papua yang dirusak sekelompok warga karena aparat masih melakukan penghitungan.

"Kami sudah mengamankan CCTV dan saat ini sedang dipelajari," kata Fakhiri, dan menambahkan kasus tersebut kini ditangani Direktorat Kriminal Umum Polda Papua.

Barang-barang yang hilang sudah dikembalikan utuh namun untuk mengedukasi masyarakat kasusnya tetap diselidiki agar tidak berulang.

"Jangan jadikan kebiasaan itu sebagai budaya karena itu bertentangan dengan hukum," kata Kapolda lagi.

Namun bila dalam perkembangan istri Wagub Ny. Yolanda Tinal menyatakan tidak ingin melanjutkan kasusnya maka polisi akan menghormatinya.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal yang meninggal dunia di Jakarta pada Jumat (21/5) dimakamkan secara militer di kompleks pemakaman keluarga Tinal, Jalan Cenderawasih Kelurahan Karang Senang SP3, Timika, Senin (24/5/2021).

Upacara pemakaman Klemen Tinal dipimpin oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, dimulai sekitar pukul 14.00 WIT.

Diawali dengan pembacaan riwayat hidup mendiang Klemen Tinal dan penghormatan kepada jenazah, kemudian peti jenazah diturunkan ke liang lahat oleh prajurit TNI dan Polri diikuti dengan dentuman suara tembakan ke udara.

Jenazah Klemen Tinal dimakamkan tepat di samping makam kedua orang tuanya yaitu Pendeta Abdiel Tinal dan Ibu Elisabet Tinal.

Sebelumnya, jenazah Klemen Tinal dibawa ke Gereja GKII Elisabet Tinal di Kuala Kencana untuk didoakan oleh para Pendeta.

Adik Klemen Tinal, Trifena Tinal meminta semua keluarga dan masyarakat Mimika mengikhlaskan kepergian kakaknya menghadap Sang Pencipta.

"Tanggal 21 Mei 2021 pukul 04.00 WIB kakak saya Klemen Tinal sudah tiba di rumah Bapa di surga," ucap Trifena, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.

Trifena menyampaikan apresiasi atas perhatian begitu besar dari pemerintah dalam mengurus jenazah Klemen Tinal mulai di Jakarta, kemudian dibawa ke Jayapura dan selanjutnya dibawa ke Timika.

Mendiang Klemen Tinal lahir di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua pada 23 Agustus 1970, meninggalkan seorang isteri bernama Stefra Sodora Dupuy yang akrab disapa Yolanda Tinal bersama tiga orang anak yaitu Lidya Natalia Tinal, William Tinal dan Daud Salomom Tinal.

Karir politik Klemen Tinal berawal sejak memimpin organisasi Pemuda Pancasila di Mimika pada dekade 1990-an saat masih aktif sebagai karyawan PT Freeport Indonesia.

Bersama tokoh Mimika lainnya, Klemen Tinal ikut memperjuangkan pembentukan Kabupaten Mimika sebagai daerah otonom baru terlepas dari kabupaten induk Fakfak.

Pada November 2001, dalam usia yang relatif masih sangat muda yaitu 30 tahun, Klemen Tinal meraih suara mayoritas DPRD Mimika untuk terpilih sebagai Bupati Mimika definitif, mengalahkan Titus Oktovianus Potereyauw yang saat itu menjabat Caretaker Bupati Mimika.

Bersama pasangannya Abdul Muis, Klemen Tinal kembali terpilih untuk periode kedua sebagai Bupati Mimika hasil Pilkada 2008.

Pada 2012, Klemen Tinal secara resmi dipinang oleh Lukas Enembe untuk maju bertarung pada Pilkada Papua. Pasangan Enembe-Tinal meraih suara terbanyak dan kemudian dilantik menjadi Gubernur-Wagub Papua pada 2013.

Pasangan Enembe-Tinal kembali terpilih untuk periode kedua sebagai Gubernur-Wagub Papua periode 2018-2023.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua jayapura

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top