Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Maluku Utara Galakkan Penyuluhan Moderasi Beragama

Maluku Utara terus mengampanyekan moderasi beragama melalui 935 penyuluh agama yang tersebar di 10 kabupaten/kota di provinsi tersebut.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  23:07 WIB
Ilustrasi kegiatan madrasah sebagai langkah awal penanaman pemahaman moderasi dalam beragama./Antara - Ardiansyah
Ilustrasi kegiatan madrasah sebagai langkah awal penanaman pemahaman moderasi dalam beragama./Antara - Ardiansyah

Bisnis.com, JAKARTA – Maluku Utara terus menggalakkan kampanye moderasi beragama, pencegahan dini radikalisme, dan kerukunan, kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Sarbin Sehe.

Dia mengemukakan langkah kampanye moderasi dalam beragama itu dilakukan melalui 935 penyuluh agama yang tersebar di 10 kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Sehe menyampaikan hal itu di hadapan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dan jajaran Forkopimda di Aula Polda Maluku Utara, sebagaimana dilansir lamam resmi Kementerian Agama pada Senin (3/8/2020).

Kunjungan kerja Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsudin dan rombongan ke Maluku Utara dalam rangka sosialisasi, pemantauan dan peninjauan terhadap UU No. 5/2018 tentang Perubahan atas UU No. 15/2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1/2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang.

Dalam pertemuan itu Azis Syamsuddin menanyakan upaya Kanwil Kemenag dalam melibatkan penyuluh keagamaan di provinsi, kabupaten/kota, dan penyuluh keagamaan di Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai upaya pencegahan penyebaran paham terorisme di masyarakat.

Sehe menjelaskan ratusan penyuluh keagamaan yang tersebar di pulau-pulau telah melakukan penguatan penyebaran pesan-pesan keagamaan dengan mengunakan pendekatan persuasif dan inklusif.

"Misalnya melalui inovasi program di antaranya Safari Jumat, Minggu Menyapa, dan Menyapa Madrasah. Kami juga melakukan upaya peningkatan pemahaman keagamaan penyuluh agama melalui pengarusutamaan moderasi beragama," kata Sehe.

Dia menambahkan pemikiran moderasi beragama dapat membangkitkan naluri beragama dengan baik dan benar.

Selain itu, pemahaman keagamaan yang moderat juga tercermin dalam sikap menghargai kemajemukan, membangun perdamaian, menghargai harkat martabat manusia, serta memajukan kehidupan umat beragama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag maluku utara
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top