Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hoax Karyawan Freeport Dalam Pemantauan Corona

Belum ditemukan ODP kasus virus corona Covid-19 di wilayah itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  18:53 WIB
Petugas Karantina Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (17/3/2020). Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan penularan virus Corona (Covid 19), Otoritas Bandara DEO melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. - Antara/Olha Mulalinda
Petugas Karantina Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (17/3/2020). Sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan penularan virus Corona (Covid 19), Otoritas Bandara DEO melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala. - Antara/Olha Mulalinda

Bisnis.com, TIMIKA - Juru bicara Gugus Tugas Percepetan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Ubra membantah isu yang menyebutkan empat karyawan PT Freeport Indonesia kini masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan menjalani karantina di Barak E Mile 72, Ridge Camp, Tembagapura lantaran terpapar virus corona yang menjadi penyebab Covid-19.

"Tidak benar atau hoax bahwa empat orang karyawan dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Barak E Tembagapura diisolasi," kata Reynold di Timika, Jumat (20/3/2020).

Reynold mengatakan berdasarkan laporan hasil Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) dalam kurun waktu 24 jam terakhir dari semua fasilitas kesehatan di Mimika, menunjukan belum ditemukan ODP kasus virus corona Covid-19 di wilayah itu.

Pada Jumat siang, Dinkes Mimika menggelar pertemuan dengan 10 Puskesmas dan pengelola klinik kesehatan swasta di Kota Timika.

Pertemuan dimaksud dalam rangka melakukan penyaringan kasus Covid-19, menyusun dan menyepakati alur rujukan ODP termasuk peningkatan penemuan dan pelaporan kasus COVID-19 melalui Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR) 12 jam .

Selain itu, Tim Gugus Tugas Pemkab Mimika juga melakukan pemeriksaan dan melakukan disinfeksi barang penumpang di Bandara Mozes Kilangin Timika serta sejumlah tempat ibadah seperti gedung Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Gereja Adven, GKI Marthen Luther, Gereja Santo Stefanus Sempan, Polres Mimika dan Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Mimika.

Tim juga melakukan sosialisasi dan kampanye 'social distancing' pada delapan fasilitas publik yaitu di Kantor Bank Mega, Bank Muamalat, BRI Unit Cenderawasih, Kantor Hasjrat Abadi , BRI Cabang Timika, BRI Unit Budi Utomo, Bank Papua dan Kantor Pos.

Guna menyikapi penyebaran kasus virus corona Covid-19 yang kian mengkhawatirkan di Indonesia dalam beberapa pekan terakhir, Pemkab Mimika secara resmi telah meliburkan seluruh pegawai (Aparatur Sipil Negara dan honorer) serta sekolah-sekolah setempat sejak Kamis (19/3) hingga 5 April mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Freeport papua

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top