Presiden Lantik Gubernur Maluku Utara

Presiden kemudian mengambil sumpah jabatan kepada keduanya Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali.
Newswire | 10 Mei 2019 16:17 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) disaksikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), Wapres Jusuf Kalla (kedua kanan) dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla memberi ucapan selamat kepada Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (kiri) dan Wakil Gubernur Al Yasin Ali seusai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/5/2019). Presiden melantik Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara masa jabatan 2019-2024. - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo melantik Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Maluku Utara (Malut) di Istana Negara Jakarta.

Sebelum melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Malut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu melakukan Penyerahan Petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI berturut-turut kepada Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Istana Merdeka Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Prosesi Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Masa Jabatan Tahun 2019 – 2024 oleh Presiden Republik Indonesia sendiri dilaksanakan di Istana Negara sekitar pukul 14.15 WIB.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keppres dengan Nomor Nomor 38/P/2019 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara.

Sebelum dilantik, Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali terlebih dahulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi yang juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Kirab dilakukan diiringi Detasemen Musik Paspampres dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan.

Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Presiden kemudian mengambil sumpah jabatan kepada keduanya Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali tersebut di atas Al Quran yang dipegang oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Presiden Jokowi yang diikuti Gubernur dan Wakil Gubenur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali di lokasi.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh Detasemen Musik Paspampres.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam akhir upacara pelantikan memberikan selamat kepada Gubenur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Wakil Gubernur Maluku Utara Al Yasin Ali yang diikuti oleh seluruh hadirin acara pelantikan ini.

Dalam acara pelantikan ini hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Hj. Mufidah Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu juga hadir sejumlah pejabat di antaranya anggota Watimpres Agum Gumelar, Ketua MK Anwar Usman, dan Stafsus Bidang Papua Lenis Kagoya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
maluku utara

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top
Tutup