Puncak Carstensz Destinasi Unggulan Papua

Sebagai upaya untuk mendorong Puncak Carstensz sebagai destinasi unggulan Papua dan Indonesia, Kementerian Pariwisata akan memberdayakan para penduduk Desa Ugimba sebagai pemandu wisata.
Nenden Sekar Arum | 12 Agustus 2015 09:23 WIB
Puncak Carstensz di Papua - Antara

Bisnis.com, MIMIKA -- Sebagai upaya untuk mendorong Puncak Carstensz sebagai destinasi unggulan Papua dan Indonesia, Kementerian Pariwisata akan memberdayakan para penduduk Desa Ugimba sebagai pemandu wisata.

Desa Ugimba merupakan desa yang berada di ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut, dan merupakan desa berpenduduk terakhir yang paling dekat dengan Puncak Carstensz.

"Akan ada pelatihan bagi para guide yang berasal dari Desa Ugimba, mereka akan dilatih untuk melayani para tamu dan menjadi porter," katanya di Timika setelah upacara pelepasan Tim Ekspedisi Puncak Carstensz, Rabu (12/8/2015).

Arief mengatakan, saat ini masyarakat Ugimba mampu melayani hingga 300 wisatawan minat khusus dalam setahun. Namun, untuk target hingga 1.000 pendaki dalam setahun, Arief menyarankan perlu biro perjalanan khusus yang mampu mengatur perjalanan para turis.

"Kami juga akan mengundang para travel agent yang mampu mendatangkan wisatawan inbound," katanya.

Di sisi lain, Arief mengatakan Puncak Carstensz memiliki daya tarik yang sangat menjual, karena memiliki puncak dengan salju tropis yang jarang ditemukan di belahan dunia lain.

Tag : Puncak Carstensz
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top