Angkutan Kapal di Manokwari Ditambah Sambut Nataru

Penambahan satu kapal tersebut adalah Kapal Dobonsolo. Kapal tersebut sebelumnya tidak masuk Manokwari, tapi Desember ini masuk Manokwari.
Kapal milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) KM Dobonsolo merapat di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Kapal milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) KM Dobonsolo merapat di dermaga Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/1/2019)./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MANOKWARI - PT Pelni Cabang Manokwari, Papua Barat, menambah satu armada kapal untuk melayani kebutuhan transportasi laut bagi masyarakat yang akan mudik pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Penambahan satu kapal tersebut adalah Kapal Dobonsolo. Kapal tersebut sebelumnya tidak masuk Manokwari, tapi Desember ini masuk Manokwari," kata Kepala Cabang Pelni Manokwari, Jusuf di Manokwari, Selasa (5/12/2023).

Ia menjelaskan, rute Kapal Dobonsolo adalah Jakarta-Surabaya-Makassar-Baubau-Ambon-Sorong-Serui-Jayapura. Namun khusus untuk Natal dan tahun baru, kapal tersebut setelah di Sorong, bersandar dulu di Manokwari kemudian melanjutkan perjalanan ke Serui dan Jayapura.

Ia mengatakan, dengan tambahan satu armada tersebut maka ada tujuh kapal yang bersandar di Manokwari mengantisipasi arus mudik Natal dan tahun baru. Frekuensi kapal Pelni yang bersandar di Manokwari juga bertambah menjadi 28 kali dibanding bulan biasa yang hanya 20 kali.

"Penambahan frekuensi kapal sandar tersebut, tidak hanya karena penambahan armada saja. Tapi ada juga kapal yang biasanya sandar satu kali, namun karena nataru, beberapa kapal sampai sandar dua kali," katanya.

Ia menambahkan, sejauh ini arus mudik belum terlihat di Pelabuhan Manokwari. Puncak arus mudik baik yang masuk maupun keluar Manokwari diperkirakan dari pertengahan Desember dan setelah tanggal 25 Desember 2023.

"Berdasarkan data tahun lalu akumulasi penumpang keluar dari Manokwari di bulan yang sama sampai 15 ribu orang, sedangkan kedatangan capai 10 ribu. Tapi untuk tahun ini diperkirakan lebih banyak karena kita sudah melewati pandemi COVID-19," ujarnya.

Yusuf menjelaskan, kedatangan kapal ke Manokwari puncaknya akan terjadi 13-15 Desember. Pada tanggal tersebut, dijadwalkan enam kapal akan masuk di Manokwari dan diperkirakan sudah membawa penumpang mudik.

Ia memastikan, harga tiket kapal Pelni tidak mengalami kenaikan pada arus mudik. Masyarakat diimbau membeli tiket langsung di Kantor Pelni maupun melalui Pelni Mobile sehingga tidak menjadi korban calo tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler