Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perputaran Uang Saat Sail Teluk Cenderawasih 2023 Mencapai Rp78 Miliar

Ajang STC Biak 2023 berhasil memberikan dampak ekonomi bagi 207 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Tarian dalam Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang digelar di Biak Numfor, Papua./Antara-Kemenparekraf.
Tarian dalam Sail Teluk Cenderawasih 2023 yang digelar di Biak Numfor, Papua./Antara-Kemenparekraf.

Bisnis.com, BIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua menyebut transaksi perputaran uang kunjungan sebanyak 6.521 orang wisatawan nusantara dan mancanegara selama kegiatan puncak Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 mencapai Rp78 miliar.

"Selama menyambut puncak STC Biak berlangsung rata-rata lama tamu menginap selama 12 hari dan menghabiskan uang sebesar Rp1 jutaan/hari untuk dibelanjakan memenuhi kebutuhan makan minum, penginapan dan transportasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor selaku Ketua STC Biak Onny Dangeubun, di Biak, Selasa (28/11/2023).

Ia mengatakan, ajang STC Biak 2023 berhasil memberikan dampak ekonomi bagi 207 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dampak STC Biak juga, kata Onny, juga dirasakan pelaku usaha jasa perhotelan, rumah makan, pemilik rumah indekos, penjual kuliner, pedagang pinang, penjual makanan minuman, tukang ojek hingga masyarakat lokal Orang Asli Papua.

"Pemkab Biak Numfor berhasil menarik investor sektor perikanan untuk menanamkan usaha mengelola potensi perikanan dan kelautan," katanya pula.

Sedangkan untuk sektor pariwisata, menurut Onny, telah ditetapkan Bupati Herry Ario Naap kawasan Pantai Nirmala Beach sebagai pelabuhan kapal yacht serta penetapan museum bawah laut.

"Puncak STC Biak 2023 dihadiri 10 negara sahabat dan menjadi sail tersukses karena langsung dihadiri Presiden RI Joko Widodo," ujar Bupati Herry Naap.

Bupati Herry mengaku perairan Biak masuk wilayah penangkapan ikan 717 dengan potensi ikan tuna yellowfins sebesar 1,1 juta ton/tahun.

"Kawasan perairan Biak menjadi yang terdepan dalam upaya memantapkan kedaulatan maritim Indonesia di Pasifik," ujarnya.

Pelaksanaan STC Biak 2023 ditutup Senin (27/11) malam, dengan dimeriahkan penampilan artis ibu kota Judika berhasil menarik pengunjung sebanyak 10 ribu orang di puncak penutupan STC.

Berbagai kegiatan strategis nasional, yakni diplomatik tour, pameran UMKM, pentas seni hiburan budaya adat Saereri, forum investasi sektor perikanan dan kelautan serta temu bisnis pengusaha nasional dengan pelaku usaha Papua.

Sedangkan empat kabupaten penyelenggara STC 2023, yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen, dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Tema STC Biak 2023 adalah "Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik" serta tagline "Torang Hebat"

Sail Teluk Cendrawasih 2023 berlangsung sejak 21 November hingga 27 November 2023 di Biak Numfor, Provinsi Papua. Pembukaan acara ini diisi dengan sailing pass yang diikuti oleh nelayan-nelayan setempat serta kapal-kapal TNI, tari-tarian tradisional Papua, dan atraksi terjun payung dari TNI dan Polri.

Dalam pembukaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 Presiden mengatakan Papua, khususnya Teluk Cenderawasih memiliki potensi wisata bahari yang sangat kaya. Sehingga, potensi ini patut dipromosikan agar semakin dikenal oleh wisatawan nusantara maupun mancanegara.

“Teluk Cendrawasih surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cendrawasih, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global," kata Presiden Joko Widodo.

Saat membuka acara itu, Presiden Jokowi mengungkapkan Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang didominasi oleh lautan. Presiden berharap kehadiran perhelatan ini bisa semakin memperkuat eksistensi Indonesia sebagai destinasi wisata bahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper