Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Digitalisasi Keuangan di Papua Dipacu

Penggunaan transaksi digitalisasi di Provinsi Papua sudah diterapkan di lima pemda di antaranya Biak Numfor tertinggi dengan nilai 87,5 Kota Jayapura, dsb.
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS./Freepik
Ilustrasi sistem pembayaran QRIS./Freepik

Bisnis.com, BIAK - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengedukasi dan sosialisasi penggunaan transaksi keuangan non tunai menggunakan layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala sekolah di lingkungan Pemkab Biak Numfor.

Deputi Perwakilan Bank Indonesia Papua Tommy Andryas di Biak, Kamis (30/3/2023) mengatakan, dengan berkembangnya teknologi saat ini, semua transaksi baik perdagangan, toko, warung, tiket wisata, pembayaran tagihan, retribusi dan pajak daerah dapat dibayarkan melalui transaksi non tunai QRIS.
​​​​​
Diakuinya, QRIS Bank Indonesia mempercepat, memudahkan transaksi menggunakan QR Code yang dapat digunakan berbagai macam agen atau penyedia jasa pembayaran yang menerapkan QRIS.

"Penggunaan transaksi digitalisasi di Provinsi Papua sudah diterapkan di lima pemda di antaranya Biak Numfor tertinggi dengan nilai 87,5 Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Nabire dan Pemprov Papua," katanya.

Dia mengharapkan, dengan transaksi QRIS yang diterapkan berarti dapat mendukung percepatan digitalisasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

"Semoga dengan sosialisasi ini penggunaan transaksi non tunai QRIS bisa lebih meningkat lagi," harap Tommy.

Sementara itu, Pelaksana harian Sekretaris Daerah Biak Numfor Lot Yensenem meminta layanan transaksi QRIS dapat diimplementasikan dalam lingkungan pemerintahan, gereja, masjid maupun organisasi keagamaan lainnya.

"Tujuan transaksi QRIS lebih aman, cepat, tanpa biaya dan aman dari pembayaran uang palsu," sebut Lot.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Biak Gunadi mengakui, transaksi keuangan digital non tunai menggunakan QRIS di lingkup Pemkab Biak Numfor sudah diberlakukan sesuai dengan kebijakan Bupati Herry Ario Naap.

"BPKAD Biak terus mendorong semua OPD, sekolah, kepala kampung dan pegawai negeri membiasakan transaksi keuangan dengan QRIS biar lebih mudah dan cepat," harap Gunadi.

Sosialisasi dan edukasi penggunaan QRIS di Kabupaten Biak Numfor dibuka Plh Sekda Biak Lot Yensenem diikuti sekitar 400 ASN, kades dan kepala sekolah.

Berdasarkan data penggunaan layanan transaksi keuangan non tunai menggunakan QRIS di Biak Numfor mencapai 7.528 usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper