Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 Daerah di Papua Terima Vaksin, Pelatihan Vaksinator Dipercepat

Sebanyak 11 kota/kabupaten di Papua telah menerima vaksin. Sementara itu, pelatihan vaksinator di Mappi dipercepat.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara/Xinhua
Ilustrasi vaksinasi Covid-19./Antara/Xinhua

Bisnis.com, JAYAPURA – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mempercepat pelatihan bagi vaksinator di Kabupaten Mappi yang semula dijadwalkan dimulai pada 8 Februari 2020 menjadi 2 Februari 2020.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aaron Rumainum mengatakan untuk Kabupaten Mappi dilakukan percepatan pelatihan vaksinasi karena banyak tenaga kesehatan pada wilayah setempat yang terpapar Covid-19.

"Yang paling jauh ke Mappi menggunakan pesawat langsung ke Keppi, sebelumnya dijadwalkan pelatihan vaksinasi pada 8 Februari 2021, tapi karena situasi mendesak ada 30 tenaga kesehatan terpapar, kami percepat buat pelatihan pada Selasa (2/2) agar 4 Februari 2021 sudah bisa vaksinasi," ujarnya pada Rabu (3/2/2021).

Dia menjelaskan pendistribusian vaksin di 29 kabupaten/kota yang ada di Papua tengah berjalan dan sudah 11 kabupaten/kota yang menerima hal tersebut.

"Untuk 18 kabupaten lainnya hingga kini belum siap, baik dari sisi sumber daya manusianya maupun fasilitas yang belum memadai," tuturnya.

Aaron memerinci 11 kota/kabupaten yang telah menerima vaksin meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Keerom, Biak, Supiori, Jayawijaya, Merauke, Mappi, Asmat dan Sarmi.

Dia menambahkan Papua sudah menerima dua kali pengiriman vaksin Covid-19 buatan Sinovac dari pemerintah pusat. Pada pengiriman pertama, Papua menerima 14.680 dosis vaksin dan kedua 28.080 vaksin.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper