Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Raja Ampat Perketat Pengawasan Lalu Lintas Orang

Raja Ampat kini sudah berada pada zona kuning dan dipertahankan agar tidak kembali ke zona merah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  08:46 WIB
Keindahan salah satu objek wisata bawah laut di Raja Ampat. - Bisnis/Fariz Fadhilah
Keindahan salah satu objek wisata bawah laut di Raja Ampat. - Bisnis/Fariz Fadhilah

Bisnis.com, MANOKWARI - Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, terus bekerja keras mencegah temuan kasus baru dengan melakukan pengawasan di kota dan kabupaten yang menjadi pintu masuk kedatangan orang.

"Pengawasan di setiap pintu masuk kita lakukan secara ketat seperti kedatangan dari kota dan kabupaten Sorong. Begitu pula penerapan protokol kesehatan kami berlakukan secara tegas," kata Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati di Manokwari, Senin (4/8/2020).

Ia menjelaskan, Raja Ampat sangat dekat dengan Kota Sorong. "Untuk mencegah penularan dari Kota Sorong maupun Kabupaten Sorong, gugus tugas Raja Ampat memberlakukan penjagaan ekstra ketat di setiap pintu masuk."

Ia tak ingin, Raja Ampat yang kini sudah berada pada zona kuning kembali ke zona merah.

"Semua pintu masuk kita jaga ketat, kolaborasi antara TNI, Polri dan Satpol PP. Sampai jalur-jalur tikus pun kita jaga, jangan sampai menjadi celah bagi penyebaran Covid-19 di Raja Ampat," ucap Bupati lagi.

Selain penjagaan dan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat, tim kesehatan aktif untuk melakukan screening dan tracing pada setiap orang yang masuk.

"Siapa pun dia, masuk Raja Ampat wajib menjalani pemeriksaan. Kita tidak mau kecolongan," katanya.

Ia menambahkan, saat ini sudah cukup banyak wisatawan masuk ke Raja Ampat. Kendati demikian pihaknya belum berani membuka seluruh obyek wisata.

"Kami masih terus lakukan evaluasi, obyek wisata yang memungkinkan adanya kontak langsung antara masyarakat dengan pengunjung kami belum berani buka. Yang sudah terbuka baru lokasi-lokasi diving," ujarnya.

Di Raja Ampat, tercatat ada sebanyak 19 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu tidak ada satu pun kasus kematian. Seluruh pasien di daerah itu berhasil disembuhkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua raja ampat

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top