Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Diguyur Hujan Deras 3 Hari, Halmahera Tengah Terendam

Hujan deras mengguyur selama 3 hari menyebabkan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara , terendam banjir.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Juli 2020  |  19:48 WIB
Ilustrasi banjir./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi banjir./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, TERNATE – Ratusan rumah di Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, banjir akibat hujan deras mengguyur daerah itu sejak Jumat (24/7/2020) hingga Minggu (26/7/2020).

"Banjir terdapat di Desa Wairoro Indah, Lembah Asri, dan Sumber Sari. Sumber Sari dan Lembah Asri terdampak cukup parah," kata Camat Weda Selatan Hairun Amir pada Minggu.

Banjir disebabkan oleh kali yang berada di empat desa tersumbat sampah dan sedimen lainnya sehingga air meluap ke permukiman warga.

"Banjir di Weda Selatan sudah jadi langganan pada musim hujan, karena kali tidak pernah dinormalisasi, sehingga tersumbat dan sudah sangat dangkal," paparnya.

Dia menjelaskan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini dan kerugian material belum bisa dihitung. Selain merendam rumah warga, tempat ibadah seperti masjid dan musala, pesantren, serta sarana umum seperti sekolah juga terendam air.

Pesantren Salman Al Farisi masih tergenang dan para santri sudah diungsikan di tempat yang lebih aman," kata Hairun.

Pihak kecamatan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah desa, Bhabinkamtibmas, Banbinsa, dan Badan Penanggulan Bencana Daerag (BPBD) Halmahera Tengah untuk mengantisipasi dampak banjir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir maluku utara

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top