Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Risiko Penularan Covid-19, Ambon Bergeser dari Merah ke Oranye

Status risiko penularan Covid-19 di Kota Ambon menurun dari merah ke oranye.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Juli 2020  |  09:18 WIB
Ilustrasi-Warga kota Ambon sedang membeli masker di apotek - Antara
Ilustrasi-Warga kota Ambon sedang membeli masker di apotek - Antara

Bisnis.com, AMBON - Risiko penularan Covid-19 di Kota Ambon mengalami perbaikan satu level.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan wilayah Kota Ambon sebelumnya berada di zona merah. Status zona merah menunjukkan risiko penularan Covid-19 tinggi.

Tapi, kini status risiko penularan di Kota Ambon bergeser ke zona oranye alias risiko penularan Covid-19 tergolong sedang.

"Saya baru diberitahukan bahwa Kota Ambon sudah berubah status dari zona merah turun ke zona orange. Artinya kita turun status daerah dengan risiko terdampak Covid-19 tertinggi, menjadi daerah risiko sedang," kata Richard, Rabu (8/7/2020).

Menurut Richard Ambon merupakan bagian dari 17 kabupaten dan kota dengan risiko penularan Covid-19 menurun ke tingkat sedang dari tingkat tinggi, bergeser ke zona oranye dari zona merah.

Daerah yang mengalami penurunan risiko penularan Covid-19 dari tinggi menjadi sedang meliputi Kabupaten Bangli, Karangasem, Kota Tangerang Selatan, Kota Baru, Balikpapan, Manado, Ambon, Halmahera Utara, Tidore Kepulauan, Mataram, Jayapura, Soppeng, Pare-pare, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Jakarta Timur, dan Pasuruan.

Wali Kota Ambon mengatakan penurunan risiko penularan Covid-19 di Kota Ambon menunjukkan hasil upaya pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mengendalikan penyakit tersebut.

"Ini karena kerja keras kita semua, terutama masyarakat, yang dengan kesadaran tinggi mau mengikuti aturan protokol kesehatan," kata Richard.

Richard mengapresiasi kepedulian masyarat dan disiplin dalam menjalani anjuran pemerintah.

"Saya bangga, karena warga Ambon sangat peduli dan mengikuti anjuran pemerintah, walau memang belum semuanya, dan masih terdapat kekurangan di sana-sini," tambah Richard.

Kalau PSBB tahap kedua bisa berjalan dengan baik, lanjut Richard, tidak tertutup kemungkinan Kota Ambon bisa bergeser ke zona kuning atau daerah dengan risiko penularan Covid-19 rendah.

"Kita juga harus terus meningkatkan kewaspadaan agar jangan kita terperosok lagi ke zona merah. Ini pekerjaan berat kita ke depan," tegas Richard.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ambon covid-19

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top