Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Kentang di Ambon Rp45.000 per Kilogram, Naik 125 Persen

Harga berbagai jenis sayuran yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku memasuki hari ke-4 umat muslim melaksanakan ibadah puasa hingga kini masih normal, kecuali sayur buah kentang yang ditawarkan Rp45.000 per kilogram atau  naik 125 persen.
Panen kentang
Panen kentang

Bisnis.com, AMBON - Harga berbagai jenis sayuran yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku memasuki hari ke-4 umat muslim melaksanakan ibadah puasa hingga kini masih normal, kecuali sayur buah kentang yang ditawarkan Rp45.000 per kilogram atau  naik 125 persen.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan pasar Lama, Senin, para pedagang menawarkan harga sayur kentang bervariasi yakni Rp35.000 hingga Rp45.000/Kg, atau naik 75 persen hingga 125 persen dari sebelumnya Rp20.000/Kg.

"Stok mulai menipis mengakibatkan terjadi perubahan harga, apalagi arus transportasi dari Pulau Jawa juga sudah kurang lancar lagi seperti biasa," ujar pedagang di pasar Mardika, Udin, Senin (27/7/2020), seperti dilaporkan Antara,

Guna memenuhi permintaan masyarakat ia menjual per tumpuk kecil Rp10.000/empat buah, dan ada juga yang sudah dibersihkan.

Untuk sayur lain yang selama ini dipasok dari luar daerah seperti buncis Rp21.000/Kg, produksi lokal Rp18.000/Kg, kol Rp20.000/Kg, wortel juga sedikit bergerak naik dari Rp23.000 menjadi Rp25.000/Kg, dan sayur putih Rp20.000/Kg.

Sedangkan sayuran hasil produksi petani lokal hingga kini masih tetap normal, belum terjadi perubahan harga, hal ini disebabkan stok cukup banyak dan terlihat di mana-mana.

Mulai dari sayur kangkung, bayam, daun singkong, melinjo dan sayur paku ditawarkan Rp5.000/ikat, kacang panjang Rp7.000/ikat, terong Rp5.000/empat buah, ketimun Rp10.000/empat buah besar dan tomat buah Rp16.000/Kg.

Pedagang sayur di pasar Mardika, Jubaida yang ditemui dilokasi penjualan, mengatakan sayur-sayur produksi petani lokal masih murah belum ada yang bergerak naik, hal ini disebabkan karena pemasokan dari sentra produksi sangat lancar mengingat lahan pertanian sayuran ini banyak di Pulau Ambon.

"Jadi terserah masyarakat yang ingin membeli sayur yang mana digemari, tinggal memilih sesuai dengan kesukaan keluarga," katanya.

Seorang ibu yang bermukim di kawasan Manggadua, Merry saat dikonfirmasi mengatakan dirinya kaget juga, sebab kentang yang baru dua hari lalu ia beli dengan harga Rp20.000, kini nak hingga mencapai Rp45.000/Kg.

"Memang ada juga yang Rp35.000/Kg, tetapi kualitasnya sudah kurang bagus, kita ini mau yang segar-segar," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler