Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Mimika, 4 Pasien Positif Corona Dinyatakan Sembuh

Jumlah pasien positif virus corona baru Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, bertambah menjadi empat orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 April 2020  |  18:39 WIB
Ilustrasi petugas medis melakukan tes cepat Covid-19 terhadap pengemudi angkutan umum./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi petugas medis melakukan tes cepat Covid-19 terhadap pengemudi angkutan umum./Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, TIMIKA – Jumlah pasien positif virus corona baru Covid-19 yang sembuh di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, bertambah menjadi empat orang setelah satu pasien dilakukan dua kali pemeriksaan sampel spesimen swab di laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura menyatakan negatif.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan hingga kini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium 32 sampel spesimen swab lainnya.

"Ada 32 pasien yang sementara menunggu hasil pemeriksaan PCR-nya di laboratorium Balitbangkes Provinsi Papua di Jayapura," ungkapnya di Timika pada Selasa (21/4/2020).

Hingga Selasa (21/4), jumlah kasus positif Covid-19 di Mimika mencapai 32 kasus, dengan tiga pasien meninggal dunia.

Saat ini 25 pasien positif Covid-19 menjalani isolasi di rumah sakit dan shelter di bawah pengawasan RSUD Mimika dengan rincian 13 orang menjalani isolasi di RSUD Mimika, sembilan orang menjalani isolasi di shelter Wisma Atlet Mimika di bawah pengawasan RSUD Mimika, dan tiga pasien menjalani isolasi di RS Tembagapura.

Reynold menyebut 11 orang dari 32 pasien positif Covid-19 di Mimika merupakan hasil penelusuran kontak oleh tim penyelidikan epidemologi Dinas Kesehatan Mimika.

"Sejak Senin (20/4) hingga Rabu (22/4) kami mengumpulkan semua kontak ditambah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kontak tracing untuk diperiksa rapid test (tes cepat). Kami akan memperluas pencarian kasus di tengah masyarakat," kata Reynold.

Sejauh ini, lanjutnya, terdapat 520 warga Mimika yang datanya sudah tersedia (berstatus PDP, ODP dan OTG) untuk diserahkan kepada masing-masing Ketua RT dan RW, Kelurahan serta Distrik (Kecamatan) agar dilakukan pengawasan bersama terhadap aktivitas mereka selama menjalani masa isolasi atau karantina.

Reynold  meminta kejujuran dan kesadaran warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dan datang memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat.

"Jika tidak ada intervensi, jumlah tenaga kesehatan pasti tidak akan cukup untuk menghadapi perang melawan pandemi COVID-19 di Mimika. Karena itu, perluasan mencari kontak dan melakukan tes massal merupakan solusi terbaik untuk memastikan berapa banyak kasus yang belum terjaring," papar Reynold.

Pemeriksaan cepat atau rapid tes akan diprioritaskan kepada Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG), serta mereka yang pernah melakukan kontak erat dengan PDP, ODP, dan OTG.

"Kami sudah memesan 3.500 rapid test, satu orang bisa dites dua sampai tiga kali. Tentu saja tes akan lebih banyak diarahkan kepada mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien positif dan juga di daerah zona merah," ujar Reynold.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top