Persiapan PON Papua, Dinkes Utamakan Distribusi Kelambu

Distribusi kelambu menjadi hal penting dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional yang direncanakan berlangsung di Provinsi Papua.  
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  09:59 WIB
Persiapan PON Papua, Dinkes Utamakan Distribusi Kelambu
Logo PON XX Papua 2020. Distribusi kelambu menjadi hal penting dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional yang direncanakan berlangsung di Provinsi Papua. - portal.merauke.go.id

Bisnis.com, JAYAPURA - Distribusi kelambu menjadi hal penting dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional yang direncanakan berlangsung di Provinsi Papua.  

Distribusian kelambu diutamakan di empat kabupaten yang menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

"Empat kabupaten lokasi penyelenggaraan PON XX ini akan menjadi prioritas utama, paling tidak awal April kelambu sudah distribusikan. Sebenarnya, kini pendistribusiannya sudah jalan, tetapi masih dalam jarak atau transportasi yang mudah," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS,TB dan Malaria (ATM) Dinkes Papua dr Beeri Wopari di Jayapura, Rabu (18/3/2020).

"Empat kabupaten ini adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke. Ini kan aksesnya masih mudah melalui transportasi darat, dan pendistribusiannya sudah dilakukan," ujar Beeri.

Menurut Beeri masih banyak kelambu harus dibagikan sampai ke seluruh masyarakat yang ada di kampung-kampung di empat kabupaten pelaksana PON ini.

Beeri tidak menyebutkan jumlah total kelambu untuk empat kabupaten tersebut. Ia memperkirakan sekitar 500.000 lebih kelambu didistribusikan ke empat kabupaten tersebut.

"Tetapi kita lihat kalau memang masih dibutuhkan lagi bisa kami ambil dari stok cadangan kelambu yang ada. Jadi kami upayakan pembagian kelambu di empat kabupaten ini maksimal, kurang lebih dari jumlah penduduk yang ada di wilayah tersebut minimal 90 persen harus terima kelambu," kata Beeri.

Beeri mengatakan, semisal 90 persen masyarakat yang ada di empat kabupaten lokasi pelaksanaan PON ini menggunakan kelambu, maka malaria di daerah tersebut bisa turun sampai 80 persen.

"Artinya bermakna nantinya. Jadi memang harus maksimal dalam pembagian, penggunaan itu yang menjadi tolak ukur untuk kami dalam perencanaan pembagian kelambu yang detail dari jumlah kelambu yang akan didistribusikan akan dilihat dari microplaning ini," ujar Beeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, Pekan Olahraga Nasional

Sumber : Antara

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top