Papua Barat Menyiapkan Tiga Fasilitas Penanganan Corona

Tiga faskes tersebut masing-masing Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari, RSUD Sorong serta RSUD Teluk Bintuni .
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  14:17 WIB
Papua Barat Menyiapkan Tiga Fasilitas Penanganan Corona
Sekda Kota Sorong Welly Tigtigweria (kedua kanan) membagikan surat edaran Wali Kota Sorong tentang antisipasi wabah Virus Corona kepada pengendara di jalan Pramuka Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (5/2/2020). Sebagai pintu gerbang wilayah Papua, Wali Kota Sorong mengimbau warganya untuk tidak panik, namun waspada terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) dengan menerapkan pola hidup sehat dan deteksi dini gejala virus tersebut dengan mendatangi rumah sakit. - Antara/Olha Mulalinda

Bisnis.com, MANOKWARI — Provinsi Papua Barat menyiapkan tiga fasilitas kesehatan untuk menangani pasien yang terjangkit COVID-19.

Tiga faskes tersebut masing-masing Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari, RSUD Sorong serta RSUD Teluk Bintuni .

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan di Manokwari, Selasa (10/3/2020), berharap Satgas COVID-19 yang telah terbentuk segera bekerja.

Seluruh tim yang terlibat diminta proaktif sesuai tugas masing-masing.

"Virus ini sudah menyebar luas, termasuk di Indonesia. Sosialisasi pencegahan harus terus dilaksanakan dalam setiap kesempatan. Imbauan segera diedarkan di tempat-tempat umum," ucap gubernur pada rapat Forkopimda bersama Satgas COVID-19 di Manokwari.

Ia ingin seluruh masyarakat memahami cara mencegah penyebaran virus tersebut. Semua pihak harus terlibat dalam pencegahan, termasuk swasta dan BUMN dan BUMD harus terlibat.

"Diminta atau pun tidak semua harus terlibat, termasuk perbankan. Kita tidak mau Papua Barat kebobolan," sebut gubernur lagi.

Mandacan juga mengajak masyarakat beraktivitas seperti biasa, tidak panik dan waspada dengan menerapkan budaya cuci tangan serta mengenakan masker saat sedang mengidap batuk dan flu.

Berikutnya, ia berharap Satgas segera memastiman rumah sakit yang sudah ditunjuk. Peralatan, tenaga medis dan obat-obatan yang masih kurang agar segera dilengkapi.

Pada kesempatan itu, ia juga berharap tokoh agama melaksanakan perannya dalam setiap kesempatan. Imbauan kebersihan agar disampaikan dalam setiap ceramah keagamaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top