Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ternate Gelar Festival, Warga Gratis Makan Ikan Tuna Olahan Chef

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar lomba 51 menu melakukan pengembangan makanan ikan tuna dari 19 chef restoran dan hotel.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  19:24 WIB
Ilustrasi seorang nelayan memanggul ikan tuna. - Reuters/Tarmizy Harva
Ilustrasi seorang nelayan memanggul ikan tuna. - Reuters/Tarmizy Harva

Bisnis.com, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar lomba 51 menu melakukan pengembangan makanan ikan tuna dari 19 chef restoran dan hotel guna memeriahkan Hari Jadi Ternate ke-769.

"Dalam festival ini merupakan promosi ikan tuna, karena bertepatan adanya kunjungan pemerintah Spanyol dan Portugis di Ternate selama 5 hari nanti. Promosi ikan tuna dan wisata di Ternate terus digalakkan," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman pada Senin (9/12/2019).

Dia menyatakan ikan tuna memiliki harga sangat tinggi di pasar nasional dan internasional, sehingga festival ini bisa menambah keuntungan masyarakat terutama nelayan Ternate.

Burhan mengemukakan Pemkot akan melakukan evaluasi seusai festival ini agar bisa diketahui mana yang kekurangan untuk diperbaiki. Dia menambahkan festival ini akan menjadi kegiatan tahunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Kota Ternate Samin Marsaoly mengakui salah satu tujuan panggelar festival ini adalah memperkenalkan kekayaan alam Maluku Utara khususnya Kota Ternate.

Dia mengutarakan pihaknya terus mendorong hasil olahan tuna. Ajang ini juga diharapkan bisa mendorong dan melahirkan forum besar untuk chef Kota Ternate, sehingga bisa berkiprah di ajang nasional bahkan internasional.

"Festival ini memiliki pengaruh besar baik dari segi ekonomi sehingga bisa memberikan dampak besar bagi ekonomi masyarakat Kota Ternate," ujarnya.

Samin mengemukakan bahwa dalam festival ini, warga dapat menikmati hidangan ikan tuna segar secara gratis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikan tuna maluku utara

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top