Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Papua Barat Targetkan Jadi Produsen Benih Unggul Pertanian

Pemerintah Papua Barat menargetkan daerah tersebut menjadi produsen benih komoditas unggulan pertanian, seperti padi, jagung, dan kedelai sehingga petani setempat tidak tergantung benih dari luar provinsi itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 November 2019  |  21:09 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, SORONG - Pemerintah Papua Barat menargetkan daerah tersebut menjadi produsen benih komoditas unggulan pertanian, seperti padi, jagung, dan kedelai sehingga petani setempat tidak tergantung benih dari luar provinsi itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Papua Barat Jacob Fonataba di Sorong, Selasa (5/11/2019), mengatakan bahwa selama ini petani di provinsi tersebut bergantung pada produsen benih dari luar Papua Barat.

Ia mengatakan kegiatan gebyar perbenihan tanaman pangan nasional di Papua Barat pada Oktober 2019 menjadi langkah awal kemajuan teknologi perbenihan di Provinsi Papua Barat.

Kegiatan tersebut, kata dia, sebagai transfer informasi dan teknologi perbenihan tanaman pangan sehingga akan memajukan petani dan kelompok benih di Papua Barat.

Ia menjelaskan pemerintah akan membangun penangkar benih di beberapa daerah pertanian di Provinsi Papua Barat guna menghasilkan benih berkualitas dan bersertifikat.

Pemerintah juga akan memadukan teknologi petani dan kelompok penghasil benih sehingga benih yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan memenuhi kebutuhan petani di daerah itu.

"Dengan demikian, petani yang ada di provinsi Papua Barat tidak lagi bergantung pada produsen benih di luar daerah. Ketersediaan benih di daerah pula akan mengurangi biaya produksi pertanian," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top