Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Barat Targetkan Jadi Produsen Benih Unggul Pertanian

Pemerintah Papua Barat menargetkan daerah tersebut menjadi produsen benih komoditas unggulan pertanian, seperti padi, jagung, dan kedelai sehingga petani setempat tidak tergantung benih dari luar provinsi itu.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SORONG - Pemerintah Papua Barat menargetkan daerah tersebut menjadi produsen benih komoditas unggulan pertanian, seperti padi, jagung, dan kedelai sehingga petani setempat tidak tergantung benih dari luar provinsi itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Papua Barat Jacob Fonataba di Sorong, Selasa (5/11/2019), mengatakan bahwa selama ini petani di provinsi tersebut bergantung pada produsen benih dari luar Papua Barat.

Ia mengatakan kegiatan gebyar perbenihan tanaman pangan nasional di Papua Barat pada Oktober 2019 menjadi langkah awal kemajuan teknologi perbenihan di Provinsi Papua Barat.

Kegiatan tersebut, kata dia, sebagai transfer informasi dan teknologi perbenihan tanaman pangan sehingga akan memajukan petani dan kelompok benih di Papua Barat.

Ia menjelaskan pemerintah akan membangun penangkar benih di beberapa daerah pertanian di Provinsi Papua Barat guna menghasilkan benih berkualitas dan bersertifikat.

Pemerintah juga akan memadukan teknologi petani dan kelompok penghasil benih sehingga benih yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan memenuhi kebutuhan petani di daerah itu.

"Dengan demikian, petani yang ada di provinsi Papua Barat tidak lagi bergantung pada produsen benih di luar daerah. Ketersediaan benih di daerah pula akan mengurangi biaya produksi pertanian," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper