Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi Wamena, Mendikbud Pastikan Kegiatan Belajar Mengajar Kembali Normal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) telah kembali normal pasca konflik sosial di Wamena, Papua.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 15 Oktober 2019  |  23:29 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan kegiatan belajar mengajar (KBM) telah kembali normal pasca konflik sosial di Wamena, Papua.

KBM sempat terhenti karena bangunan sekolah yang rusak, serta guru dan siswa yang mengungsi ke luar Wamena. Seperti diketahui, Wamena dilanda kerusuhan yang mengakibatkan lebih dari tiga puluh orang tewas.

Muhadjir mengapresiasi kembali terselenggaranya KBM di beberapa sekolah yang dikunjunginya. Penyelenggaraan kembali KBM itu sejalan dengan instruksi Bupati Jayawijaya, Jhon Robert Banoa, harus sudah dimulai pada 7 Oktober 2019.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati atas kerja kerasnya, kerusuhan pada tanggal 23 September sudah bisa diatasi, dan lebih khusus, anak-anak sudah bisa bersekolah seperti biasa," kata Muhadjir di tengah-tengah masyarakat Wamena yang hadir di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Neheri 2 Wamena seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/10/2019).

Muhadjir menekankan pelayanan pendidikan tidak boleh terhenti di tengah situasi konflik yang terjadi di Nduga dan Wamena, Papua. Hak-hak anak Papua dinilai tetap perlu terpenuhi.

"Saya minta kalau ada teman-temannya yang belum masuk sekolah harus diajak kembali, terutama dari luar yang mengungsi, yang belum tertampung supaya ditampung. Kemudian kalau ada anak dari Wamena yang sekarang keluar juga bersama orang tuanya supaya diajak, diminta balik ke Wamena," kata Muhadjir.

Menurut keterangan tertulis itu, Muhadjir berkoordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri untuk menjamin keselamatan dan keamaan guru, tenaga pendidik, dan siswa di daerah konflik di Papua.

"Insyaallah sudah aman. Kapolres sudah menjamin keadaan di Wamena sudah membaik," kata Muhadjir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wamena muhadjir effendy
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top