PUPR Salurkan BSPS untuk 24 Rumah Terdampak Gempa di Ambon

Pembangunan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon diperkirakan selesai akhir tahun ini.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 09 Oktober 2019  |  14:48 WIB
PUPR Salurkan BSPS untuk 24 Rumah Terdampak Gempa di Ambon
Suasana bangunan Pasar Apung Desa Tulehu yang roboh akibat gempa bumi di Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). Berdasarkan data BMKG, gempa bumi tektonik dengan kekuatan M6,5 tersebut akibat aktivitas sesar aktif lokal. - ANTARA/Izaac Mulyawan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyalurkan program bantuan stimulan perumahan swadaya untuk 24 rumah yang terdampak bencana gempa bumi di Ambon.

Saat ini, pembangunan rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Desa Wayame Kecamatan Teluk Ambon masih dalam tahap pembangunan dan diperkirakan selesai pada akhir tahun ini.

“Ada 24 rumah yang kami lakukan bedah rumah melalui Program BSPS [bantuan stimulan perumahan swadaya] yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Ambon,” ujar Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku Pither Pakabu melalui siaran pers, Rabu (9/10/2019).

Pada kegiatan pemantauan dan evaluasi tersebut, Kasatker SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku didampingi KMProv, Koordinator Fasilitator, dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) BSPS Kota Ambon bersama tim melakukan tinjauan lokasi pembangunan BSPS yang berada di Desa Wayame dan Kelurahan Rumah Tiga, Kota Ambon.

Di daerah tersebut, banyak terdapat rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Maluku Tengah, Kota Ambon dan sekitarnya pada 26 September 2019.

“Kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan dalam rangka pendataan kerusakan bangunan rumah yang terdampak akibat gempa magnotudo 6,8 sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan rumah program BSPS kepada para penerima bantuan,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gempa, bedah rumah, ambon

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top