Wiranto Terbang ke Papua Malam Ini

“Saya ke Papua juga mengobarkan rasa empati, rasa kedamaian, ajak lagi 'ayo kita bersatu sebagai bangsa'. Yang rugi siapa sih kalau kita bertengkar, yang rugi kita kok,” ujar Wiranto yang tampak bergegas usai memimpin rapat koordinasi khusus terkait kebakaran hutan dan lahan di kantornya, Jakarta.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 Agustus 2019  |  02:22 WIB
Wiranto Terbang ke Papua Malam Ini
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto (kiri) berjalan untuk memberikan keterangan kepada media di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (10/6/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto bertolak ke Papua, malam ini, Rabu (21/8/2019). Dia ingin meninjau sekaligus terlibat langsung untuk meredam amarah masyarakat Papua.

“Saya ke Papua juga mengobarkan rasa empati, rasa kedamaian, ajak lagi 'ayo kita bersatu sebagai bangsa'. Yang rugi siapa sih kalau kita bertengkar, yang rugi kita kok,” ujar Wiranto yang tampak bergegas usai memimpin rapat koordinasi khusus terkait kebakaran hutan dan lahan di kantornya, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dia berharap agar tidak ada lagi pihak-pihak yang mengompori masyarakat Papua. Sebab permasalahan yang sempat disinggung sebagai rasis itu menurutnya sudah selesai.

“Sudah selesai masalahnya, ada kesalahpahaman, sudah ada minta maaf tinggal diterima maafnya, sampaikan ke masyarakat kita kembali bersatu sebagai bangsa,” tegasnya.

Masyarakat Papua juga diminta membuka pintu maaf bila ada kesalahan dari masyarakat di luar Papua yang sempat melukai perasaan mereka. Wiranto berpandangan Kebhinekaan perlu dirajut kembali.

“Persaingan kita bukan antar kita, bukan antar suku, enggak, kita sudah menyatu sejak 28 oktober 1928, sudah bersatu, berikrar, bersumpah dan itu sumpah setia, sampai sekarang itu harus kita rawat,” jelasnya.

Sebelumnya terjadi beberapa aksi unjuk rasa di Manokwari dan Sorong menyusul insiden yang dialami oleh mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, papua barat

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top