Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang Tinggi Ancam Perairan Papua Barat

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di perairan Fakfak-Kaimana, Samudera Pasifik Utara Papua Barat, dan laut Arafuru bagian timur.
Kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (4/6/2015)./Antara-Akbar Nugroho Gumay
Kawasan wisata Piaynemo di Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (4/6/2015)./Antara-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAYAPURA - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di perairan Fakfak-Kaimana, Samudera Pasifik Utara Papua Barat, dan laut Arafuru bagian timur.

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Petrus Demon Sili di Jayapura, Jumat, mengatakan prakiraan cuaca dan gelombang laut wilayah perairan berlaku selama 24 jam sejak Jumat (16/8) pukul 09.00 WIT.

"Samudera Pasifik utara Papua Barat dengan keadaan cuaca hujan ringan, arah angin bertiup dari tenggara-barat daya kecepatan 3-10 knots, tinggi gelombang signifikan 0,10-1,00 meter," katanya, seperti dilaporkan Antara pada Jumat (16/8/2019).

Di Perairan Raja Ampat-Sorong, kata Petrus, keadaan cuaca hujan ringan, arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 3-20 knots, tinggi gelombang signifikan 0,10-1,00 meter, di perairan Fakfak-Kaimana, keadaan cuaca hujan ringan, arah angin bertiup dari timur- selatan dengan kecepatan 3-20 knots, dan tinggi gelombang signifikan 0,10-1,00 meter.

Di Perairan Manokwari keadaan cuaca hujan ringan, arah angin bertiup dari tenggara-barat daya dengan kecepatan 3-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,10-1,00 meter, di Samudera Pasifik utara Biak keadaan cuaca cerah berawan, dengan arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 4-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-1,00 meter.

Di Perairan Biak keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 4-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,25-0,75 meter, di Teluk Cenderawasih keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari utara-selatan dengan kecepatan 4-8 knots, tinggi gelombang signifikan 0,25-0,75 meter.

Di Samudera Pasifik utara Jayapura keadaan cuaca cerah berawan, arah angin bertiup dari timur laut -selatan dengan kecepatan 4-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-1,00 meter, di Perairan Jayapura-Sarmi keadaan cuaca hujan lokal, arah angin bertiup dari timur-selatan dengan kecepatan 4-15 knots, tinggi gelombang signifikan 0,25-0,75 meter.

Di Perairan Agats-Amamapare keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-selatan dengan kecepatan 6-17 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-1,00 meter, di Perairan Yosudarso keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-selatan dengan kecepatan 7-20 knots, dan tinggi gelombang signifikan 0,50-1,25 meter.

Di wilayah Perairan Merauke keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 8-25 knots, tinggi gelombang signifikan 0,50-1,00 meter, dan di Laut Arafuru bagian timur keadaan cuaca cerah berawan, angin bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan 10-25 knots, tinggi gelombang signifikan 0,75-2,00 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler