Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemudik ke Luar Papua Padati KM Ciremai

Para pemudik yang akan ke luar dari Papu seperti ke Maluku, Sulawesi dan Pulau Jawa. memadati Kapal Pelni KM Ciremai yang berangkat dari pelabuhan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Rabu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Mei 2019  |  21:03 WIB
Kapal Penumpang Pelni Ciremai - kapal/penumpang/pelni.blogspot.co.id
Kapal Penumpang Pelni Ciremai - kapal/penumpang/pelni.blogspot.co.id

Bisnis.com, SORONG--Para pemudik yang akan ke luar dari Papu seperti ke  Maluku, Sulawesi dan Pulau Jawa. memadati Kapal Pelni KM Ciremai yang berangkat dari pelabuhan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Rabu.

Sebagian besar penumpang tidak mendapatkan tempat tidur, sehingga petugas kapal kewalahan mengatur penumpang sesuai nomor tempat tidur yang tertera pada tiketnya.

Banyak penumpang memilih tidur di lorong dan tangga kapal, sebagian juga memilih tidur di dek bagian luar kapal beralaskan tikar.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kota Sorong, Takwim Masuhu mengatakan bahwa terjadi lonjakan penumpang KM Ciremai karena kapal tersebut merupakan kapal terakhir yang berlayar dari Timur ke Barat Indonesia sebelum Lebaran.

Dia mengatakan, pemudik sebagai besar tujuan Maluku, Sulawesi, dan pulang Jawa. Jumlah penumpang KM Ciremai yang naik dari pelabuhan Kota Sorong mencapai 1.390 orang ditambah penumpang lanjutan mencapai 1.102 orang.

Menurut dia, terjadi peningkatan penumpang kapal pada mudik Lebaran 2019 disebabkan harga tiket pesawat mahal sehingga masyarakat memilih mudik dengan kapal laut karena harga tiket dapat dijangkau.

Guna kelancaran pelayanan mudik di Pelabuhan Sorong, kata dia, petugas gabungan perhubungan bersama aparat keamanan disiagakan untuk memberikan kenyamanan bagi para penumpang mudik Lebaran yang berangkat maupun datang ke Sorong.

"Kami telah membuat pos terpadu di pelabuhan utama Sorong guna melayani penumpang mudik Lebaran terutama pelayanan memberikan informasi," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua pemudik
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top