Pertumbuhan Ekonomi Papua Barat 7,7 Persen, Dipicu Ekspor LNG

Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua Barat pada tahun 2018 sebesar 7,7 persen atau meningkat dibanding tahun 2017 yang tumbuh sebesar 4,01 persen.
Newswire | 10 Desember 2018 00:55 WIB
Loading the player ...
LNG Tangguh dalam angka. Video koleksi British Petroleum di Youtube

Bisnis.com, MANOKWARI – Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Papua Barat pada tahun 2018 sebesar 7,7 persen atau meningkat dibanding tahun 2017 yang tumbuh sebesar 4,01 persen.

"Ekspor luar negeri diperkirakan menjadi pendorong ekonomi kita setelah pada tahun 2017 tumbuh negatif," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Donny Heatubun di Manokwari, Minggu (9/12/2018) seperti dilaporkan Antara.

Ia mengutarakan peningkatan ekspor merupakan pengaruh dari konsistensi produksi komoditas ekspor di daerah ini yang ditunjukkan dengan solidnya kinerja lapangan usaha utama.

Normalisasi produksi komoditas liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair pasca masa pemeliharaan di tahun 2017 mampu mendorong kinerja lapangan usaha industri pengolahan serta lapangan usaha pertambangan dan penggalian. LNG itu berlokasi di Tangguh dan dikelola oleh British Petroleum (BP). 

Hal itu berdampak besar pada peningkatan ekspor gas Papua Barat pada triwulan I hingga triwulan III.

"Untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di Papua Barat agar terus meningkat, ke depan perlu reformasi struktural," sebut Donny.

Menurutnya, pemanfaatan potensi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan harus dioptimalkan. Antara lain pada sektor perikanan, perkebunan, kehutanan dan pertanian. Industri pengolahan pun harus dibangun agar memberikan nilai tambah yang tinggi serta dapat menyerap banyak tenaga kerja di daerah.

Potensi pariwisata di Papua Barat pun menurut Donny, harus segera dimanfaatkan. Selain devisa melalui kunjungan wisatawan, optimalisasi sektor pariwisata untuk memacu pertumbuhan industri kreatif.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua barat, lng tangguh

Sumber : Antara

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup