Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerima Kartu Asuransi Nelayan di Maluku 'Terjun' Drastis

Jumlah penerima kartu asuransi nelayan di Maluku mengalami penurunan signifikan di tahun 2018, kata Kepala PT Jasindo cabang Ambon, Ridwan Pandapotan.
Nelayan memerlihatkan replika kartu Asuransi Nelayan di Kota Sorong Papua Barat, Selasa (21/2)./Antara-Olha Mulalinda
Nelayan memerlihatkan replika kartu Asuransi Nelayan di Kota Sorong Papua Barat, Selasa (21/2)./Antara-Olha Mulalinda

Bisnis.com, AMBON – Jumlah penerima kartu asuransi nelayan di Maluku mengalami penurunan signifikan di tahun 2018, kata Kepala PT Jasindo cabang Ambon, Ridwan Pandapotan.

"Tahun 2018 penerima kartu asuransi nelayan di Maluku mengalami penurunan dibandingkan tahun 2017 mencapai 20 ribu nelayan," katanya di Ambon, Senin (26/11/2018).

Menurut dia, penurunan jumlah nelayan peserta asuransi disebabkan pendataan yang spesifik yakni menggunakan sistem online, sehingga banyak nelayan yang tidak terdaftar.

Hingga November 2018 sebanyak 200 nelayan telah mendaftarkan diri untuk mendapatkan asuransi. Jumlah tersebut tidak sebanding dengan nelayan yang menjadi peserta di tahun 2016 dan 2017 sebanyak 20 ribu nelayan.

"Kami telah mengeluarkan kartu asuransi sebanyak 200 nelayan di provinsi maluku, yang tersebar di kota Ambon dan kabupaten Buru Selatan, " ujarnya.

Ridwan mengatakan, kartu asuransi diberikan kepada nelayan yang terdaftar dalam program kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (KUSUKA).

Pemberian kartu asuransi lanjutnya, harus berdasarkan data nelayan yang telah memiliki kartu KUSUKA yang merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bekerjasama dengan PT Jasindo.

"Kita berharap tahun mendatang nelayan yang belum mendapatkan kartu asuransi,segera mendaftarkan diri melalui dinas perikanan dan kelautan di kabupaten/kota yang memiliki potensi perikanan yang besar," tandasnya.

Ia menjelaskan, bantuan premi asuransi nelayan dilakukan dalam rangka meningkatkan pemberdayaan nelayan skala kecil dan peningkatan perlindungan terhadap nelayan.

"Program ini diharapkan nelayan kecil dan nelayan tradisional memiliki jaminan perlindungan atas resiko yang dialami nelayan, sekaligus memberi kesadaran nelayan berasuransi serta agar nelayanan lebih tentram dan nyaman dalam berusaha," katanya.

Manfaat asuransi bagi nelayan, untuk menjamin risiko kematian, cacat tetap, cacat sebagian, biaya perwatan atau pengoibatan dan biaya lainnya yang secara langsung di sebabkan oleh kejadian kecelakaan atau lainnya.

Nelayan yang berhak terima kartu asuransi nelayan adalah yang terdaftar memiliki kartu Kusuka dan usia tidak lebih dari 65 tahun.

Ketentuan lainnya adalah alat tangkap yang digunakan nelayan adalah kapal dengan kapasitas dibawah 10 GT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper