Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Kopra di Ambon Anjlok 19 Persen

Harga kopra yang ditawarkan para pembeli kepada perajin di daerah ini terus bergerak turun 19% jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.
Proses pengasapan kopra/Antara
Proses pengasapan kopra/Antara

Bisnis.com, AMBON – Harga kopra yang ditawarkan para pembeli kepada perajin di daerah ini terus bergerak turun 19% jika dibandingkan dengan minggu sebelumnya.

Hasil pantauan di lokasi transaksi hasil perkebunan Maluku baik di lokasi pasar Mardika maupun di jalan Rijoly, Kelurahan Batu gajah, pembeli mematok harga kopra Rp3.400/Kg, atau turun drastis 19% dari harga sebelumnya Rp4.200/Kg.

Sementara itu harga komoditi lain seperti cengkih sedikit bergerak naik dari Rp86.000 menjadi Rp87.000/Kg, biji pala bundar masih tetap bertahan Rp64.000/Kg, kecuali fuli (pembungkus biji pala)yang harganya terus melambung tinggi mencapai Rp165.000 jika dibanding minggu sebelumnya yang hanya Rp145.000/Kg, coklat di patok Rp26.000/Kg, sedikit bergerak naik dari sebelumnya Rp23.000.

Evi pembeli di lokasi transaksi di jalan Riyoly mengatakan, turunnya harga kopra ini sudah beberapa hari yang lalu membuat transaksi penjualan semakin sepi, banyak petani yang enggan untuk menjual kopra, mereka lebih memilih menjual buah kelapa langsung ke pasar lebih menguntungkan.

"Apalagi buah kepala tua di pasar harganya bervariasi mulai dari Rp4.000 sampai dengan Rp6.000/buah tergantung ukuran," ujarnya seperti dilaporkan Antara hari ini Rabu (14/11/2018)

Kami juga tidak bisa berbuat banyak, sebab patokan harga yang kami terapkan di Ambon sesuai hasil pemantauan harga di pasar utama Surabaya, sebab hasil pembelian di Ambon dijual lagi ke Surabaya.

"Kalau sampai terjadi perubahan harga di Surabaya sudah pasti di Ambon juga berpengaruh," ujarnya lagi.

Biasanya yang selalu terjadi fluktuasi harga, lanjutnya, yakni cengkih, pala bundar, dan kopra.

"Apalagi kopra selalu saja terjadi fluktuasi harga sejak beberapa bulan belakangan ini,dan untuk sekarang ini yang turun cukup tajam," katanya.

Sudah beberapa hari belakangan ini belum ada petani atau perajin yang datang menjual kopra, mungkin saja mereka masih disibukan dengan musim panen cerngkih yang sekarang ini di beberapa daerah di Maluku.

"Pada hal biasanya kalau musim panen cengkih harganya biasa turun, namun sampai sekarang ini harga cengkih masih bagus, malahan naik dari Rp86.000 menjadi Rp87.000/Kg. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper