Kemenkop UKM Prioritaskan Literasi Digital Sektor Usaha di Pulau Papua

Penguatan literasi digital di Papua dan Papua Barat terkait dengan upaya pemerintah mengembangkan perusahaan rintisan di wilayah Indonesia Timur
Presiden Jokowi membeli noken dari mama penjual di pinggir Jalan Raya Hawai Sentani, Jayapura, Papua, Jumat (01/10/2021) - BPMI Setpres/Laily.
Presiden Jokowi membeli noken dari mama penjual di pinggir Jalan Raya Hawai Sentani, Jayapura, Papua, Jumat (01/10/2021) - BPMI Setpres/Laily.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada aspek literasi digital di wilayah Papua dan Papua Barat.

Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Christina Agustin mengatakan penguatan literasi digital di Papua dan Papua Barat terkait dengan upaya pemerintah mengembangkan perusahaan rintisan di Bumi Cenderawasih.

"Penguatan literasi digital ini menjadi prioritas. Ini merupakan upaya menciptakan talenta-talenta digital yang cakap. Sementara untuk pengembangan perusahaan rintisan, kami menggandeng lembaga inkubator yang ada di Pulau Papua," kata Christina saat diskusi online Forum Merdeka Barat 9, Kamis (18/8/2022).

Selain mendorong penguatan literasi digital, pemerintah juga ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua. Christina melihat Papua memiliki potensi yang besar, terutama untuk produk-produk kerajinan unggulan yang sangat banyak, unik dan variatif.

Dia menjelaskan, produk-produk unggulan asli Tanah Papua ini sesungguhnya dapat diangkat sampai ke mancanegara. Di antaranya seperti lukisan kulit kayu, kerajinan dari kriya, maupun wastranya sendiri.

Menurutnya, produk-produk unggulan Tanah Papua memiliki keunikan. Selain unik, lanjutnya, jumlah produk khas daerah juga sangat berlimpah dan bervariasi. Inilah yang membuat produk yang dihasilkan UMKM Papua sangat menjanjikan di masa mendatang.

"Mendorong UMKM Papua berkembang juga merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Kami yakin, UMKM di Papua bisa membantu mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler