Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Mimika Kejar Rasio Elektrifikasi 100 Persen Tahun Depan

Pemkab Mimika terus membangun kerja sama, koordinasi dan komunikasi intensif dengan pihak PT PLN UP3 Timika agar mempercepat upaya melistriki 133 kampung dan 19 kelurahan di Mimika.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2021  |  20:45 WIB
Ilustrasi: Pekerja melakukan pemeliharaan jaringan listrik. - Bisnis
Ilustrasi: Pekerja melakukan pemeliharaan jaringan listrik. - Bisnis

Bisnis.com, TIMIKA — Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menargetkan hingga akhir 2022 semua kampung (desa) pada 18 distrik (kecamatan) di wilayah itu sudah bisa menikmati penerangan listrik.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan jajarannya terus membangun kerja sama, koordinasi dan komunikasi intensif dengan pihak PT PLN UP3 Timika agar mempercepat upaya melistriki 133 kampung dan 19 kelurahan di Mimika.

"Program Mimika terang harus terjadi paling lambat pada akhir 2022. Itu artinya 133 kampung dan 19 kelurahan di Mimika harus menikmati penerangan listrik," kata John, Senin (26/4/2021).

Menurut dia, upaya melistriki seluruh kampung dan kelurahan di Mimika sudah dikerjakan oleh PLN selama beberapa tahun terakhir melalui program listrik desa (lisdes) baik yang memanfaatkan pembangkit diesel maupun pembangkit bersumber dari energi terbarukan seperti PLTS dan mikro hidro.

Untuk Distrik Mimika Tengah, katanya, sudah enam kampung dari tujuh kampung yang menikmati penerangan listrik.

Sementara untuk Distrik Mimika Tengah tersisa satu kampung, Mimika Barat Jauh juga tidak lama lagi akan menikmati penerangan listrik.

Hal serupa juga terjadi di Distrik Agimuga dan Distrik Amar serta Distrik Jita.

"Untuk Distrik Agimuga jaringan listrik sudah terpasang, tinggal memobilisasi mesin di PLN Timika ke Agimuga dan selanjutnya dioperasikan. Sementara untuk Distrik Amar, enam kampung di wilayah itu sudah dilakukan pembangunan jaringan PLTS. PLN dalam waktu dekat akan melakukan komisioning untuk segera dioperasikan," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elektrifikasi mimika

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top