Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Papua Bersiap Terapkan PPKM

Pemprov Papua menyatakan bersiap untuk penerapan PPKM seiring dengan kasus positif Covid-19 yang masih terus meningkat.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  16:37 WIB
Ilustrasi perawat memeriksa suhu seorang lelaki sebagai langkah awal untuk mendeteksi serangan virus corona jenis Covid-19. - Bloomberg
Ilustrasi perawat memeriksa suhu seorang lelaki sebagai langkah awal untuk mendeteksi serangan virus corona jenis Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Papua mengkaji kemungkinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) karena kasus penularan Covid-19 di daerah itu terus meningkat signifikan. Sampai dengan 1 Februari 2021, data pasien positif Covid-19 mencapai 15.962 orang.

Hal itu, kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad, diperkuat dengan adanya kesepakatan bersama Pemprov Papua dan sejumlah kementerian terkait, untuk mempersiapkan sejumlah hal terkait termasuk langkah-langkah penerapan PPKM.

“Papua memang tidak termasuk tujuh provinsi yang menerapkan PPKM, tetapi kami sudah diundang rapat virtual bersama kementerian terkait, mungkin seakan-akan sebagai calon menerapkan PPKM,” ujarnya sebagaimana dilansir laman resmi Pemprov Papua.

Dia mengemukakan bahwa tren kasus penularan Covid-19 masih tinggi dan virusnya terus berkembang. “Jadi, sehingga potensi PPKM itu ada,” kata Musa’ad.

Dia menambahkan Pemprov Papua pekan ini segera menyiapkan langkah-langkah penerapan PPKM, sehingga sudah siap melaksanakan apabila pemerintah pusat memutuskan untuk memberlakukannya.

“Penerapan PPKM ini wewenang pusat, kalau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu Provinsi Papua yang meminta ke pusat untuk diberlakukan. Mekanismenya daerah yang mengusulkan, pusat menetapkan,” lanjutnya.

Pemprov Papua, tuturnya, juga mengefektifkan kampanye vaksin Sinovac maupun penerapan protokol kesehatan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Protokol Pencegahan Covid-19 Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top