Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas Yonif MR 413 Gelar Bakar Batu Bersama Warga Jayapura

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami bersama warga perbatasan di Kampung Gambut, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, menggelar acara bakar batu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  18:58 WIB
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami bersama warga perbatasan di Kampung Gambut, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, menggelar acara bakar batu. - Antara
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami bersama warga perbatasan di Kampung Gambut, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, menggelar acara bakar batu. - Antara

Bisnis.com, JAYAPURA – Dalam rangka merayakan Natal, prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami bersama warga perbatasan di Kampung Gambut, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, menggelar acara bakar batu.

Dansatgas Pamtas RI-Papua Nugini Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, melalui keterangan tertulis dari Distrik Muara Tami Kota Jayapura pada Jumat (25/12/2020), mengatakan acara bakar batu ini disambut sukacita dan penuh kedamaian para penduduk Kampung Gambut.

"Acara bakar batu ini ditujukan dalam rangka menyambut sukacita Natal yang dimeriahkan Pos Bendungan Tami Satgas Yonif MR 413 Kostrad," ungkap Dansatgas Mayor Anggun Wuriyanto.

Dia mengakui acara bakar batu merupakan tradisi budaya penting di masyarakat Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama dengan tujuan bersyukur, bersilaturahmi, dan menyambut hari besar seperti Natal.

"Kegiatan ini juga bentuk toleransi antarumat beragama, dan kami selaku penjaga perbatasan RI-PNG di wilayah Kampung Gambut turut larut dalam sukacita yang mereka rasakan," ujar Dansatgas.

Sementara itu, Komandan Pos Bendungan Tami Letda Inf Bayu Dwigantara mengakui bahan pokok makanan di acara bakar batu tersebut setidaknya terdapat lima ekor babi serta puluhan kilo sayur dan umbi-umbian dimasak bersama.

"Acara bakar batu yang dilakukan warga Gambut terbilang mewah dan termasuk acara besar yang biasanya digelar dalam acara adat," jelas Bayu.

Tokoh masyarakat Kampung Gambut Yalimo Kogoya, 56 tahun, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang turut berpartisipasi dalam acara bakar batu itu.

"Terima kasih atas bantuan Satgas, semoga dalam perayaan Natal ini, kita semua senantiasi diberikan kedamaian dan kasih," tutur Yalimo Kogoya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Natal dan Tahun Baru

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top