Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanggul Penahan Ombak Perlu Segera Dibangun di Pantai Wasior

Abrasi menerjang dan merusak perumahan warga di pantai wasior di Teluk Windama, Papua Barat, Warga dan DPRD setempat pun meminta pemerintah daerah segera membangun tanggul penahan ombak.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 November 2020  |  20:01 WIB
Pantai Wasior di Teluk Wondama terus tergerus abrasi. - Antara
Pantai Wasior di Teluk Wondama terus tergerus abrasi. - Antara

Bisnis.com, MANOKWARI – Warga Wasior Kampung (Waskam), Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, meminta pemerintah daerah setempat membangun tanggul penahan ombak.

"Abrasi merusak banyak rumah dan kandang ternak warga. Kalau terus dibiarkan, rumah mereka habis digerus ombak," kata Ketua Badan Musyawarah Kampung Wasior II A. Rumbobiar.

Dia mengutarakan cuaca di wilayah Teluk Wondama tidak menentu, angin kencang yang memicu ombak dapat terjadi kapan saja. Di sisi lain kampung tersebut merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Wasior.

"Kampung ini berada di wilayah kota, lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Wasior. Saat kapal masuk ombak pun naik," tuturnya.

Rumbobiar juga menjelaskan bahwa Wasior Kampung terbentang di sepanjang pesisir sebelah utara Pelabuhan Wasior. Sebagian penduduk masih memilih membangun rumah di atas laut atau yang dalam bahasa lokal disebut rumah berlabuh.

Dia pun meminta DPRD mendorong Pemda membangun tanggul permanen di lokasi tersebut. Warga pun minta pemda membangun talud sungai di lokasi itu.

"Kalau talud sungai sudah dibangun kami juga mau bangun tugu pendaratan Injil. Ini sangat penting untuk mengenang sejarah peradaban di Teluk Wondama," tambahnya.

Anggota DPRD Teluk Wondama, Remran Sinadia, secara terpisah mengaku sudah meninjau lokasi tersebut. DPRD ketika itu duduk dan berdiskusi dengan warga setempat. "Kami lihat kondisinya mengkhawatirkan, warga minta tanggul segera dibangun. Kami pun sepakat dengan usulan itu.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wasior abrasi

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top