Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah 20 Hari Dirawat, 12 Anak Positif Covid-19 di Jayapura Dinyatakan Sembuh

Pada Kamis (18/6/2020) sebanyak 15 orang anak dan satu orang dewasa di Jayapura, Papua diperbolehkan pulang dari rumah sakit, dan hanya 12 anak yang betul-betul dinyatakan sembuh dari Covid-19.
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock
Ilustrasi sample darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock

Bisnis.com, JAYAPURA - Sebanyak 12 anak yang positif terserang virus corona penyebab Covid-19 di Kota Jayapura, Papua dinyatakan sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari mengatakan anak-anak tersebut dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona setelah menjalani perawatan selama sekitar 20 hari.

"Pada Kamis [18/6] itu yang pulang 15 orang anak dan satu orang dewasa. Dari 15 orang anak itu, 12 anak yang betul-betul dinyatakan sembuh dari Covid-19, sedangkan yang tiga anak adalah kontak erat dengan orang tua, sehingga mereka ikut ibu dan bapaknya yang dirawat di sini pulang ke rumahnya," katanya.

Dia menjelaskan ke 15 orang yang dipulangkan itu, satu orang berdomisili di Kelurahan Entrop, sedangkan 14 orang lainnya tinggal di Kelurahan Hamadi.

Secara keseluruhan, imbuhnya, jumlah pasien Covid-19 di Kota Jayapura yang dinyatakan sembuh bertambah menjadi 184 orang dari sebelumnya 169 orang.

Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah akumulatif pasien Covid-19 di Kota Jayapura sebanyak 617 orang dan delapan di antaranya meninggal dunia.

Jumlah pasien Covid-19 yang belum dinyatakan sembuh sebanyak 425 orang dan sekitar 100 di antaranya menjalani perawatan di Hotel Sahid Kelapa Dua, Entrop, Distrik Jayapura Selatan.

Gugus Tugas juga memantau kondisi 96 orang yang pernah kontak dengan pasien Covid-19, tetapi tidak mengalami gejala sakit serta 203 orang dalam pemantauan dan 18 pasien dalam pengawasan terkait penularan virus corona.

Ni Nyoman Sri Antari mengatakan bahwa pemerintah berusaha menemukan sedini mungkin kasus Covid-19 supaya bisa cepat menanganinya.

"Kalau di sini, justru kita temukan sedini mungkin, justru banyak yang sembuh. Masyarakat tidak usah takut dan menstigma mereka yang terpapar virus ini, kalau yang ikut tes cepat kesehatan lalu reaktif harus di [tes] swab. Yang [tes] swab kemudian hasilnya positif kita tangani. Jadi jangan dikucilkan ataupun dimusuhi, justru kita bantu," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler