Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wali Kota Tidore Kepulauan Dirujuk ke Ternate dengan Protokol Covid-19

Wali Kota Tikep telah dirujuk ke Ternate untuk menjalani pemeriksaan karena menunjukkan diagnosa pneumonia bilateral paru-paru.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  06:27 WIB
Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Capt Ali Ibrahim dirujuk ke RSU Chasan Boesoerie Ternate dengan menggunakan protocol penanganan Covid-19. - Antara/Abdul Fatah
Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Capt Ali Ibrahim dirujuk ke RSU Chasan Boesoerie Ternate dengan menggunakan protocol penanganan Covid-19. - Antara/Abdul Fatah

Bisnis.com, TERNATE - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) mengemukakan bahwa Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Capt Ali Ibrahim dirujuk ke RSU Chasan Boesoerie Ternate dengan menggunakan protokol penanganan Covid-19.

"Saat ini Wali Kota Tikep telah dirujuk ke Ternate untuk menjalani pemeriksaan karena menunjukkan diagnosa pneumonia bilateral paru-paru," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Senin (25/5/2020).

Pihaknya akan melakukan penyelidikan epidemiologi secepatnya terkait dengan hasil pemeriksaan sementara terhadap Wali Kota Tikep tersebut.

Sesuai laporan, pada hari Senin 25 Mei 2020 bertempat di RSU Kota Tikep telah dilaksanakan perawatan intensif oleh dokter Rumah Sakit terhadap Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, setelah itu, ia mendapatkan perawatan oleh Tim Medis serta pemeriksaan lanjutan dengan rapid test dan hasilnya non reaktif, sedangkan dari hasil foto menunjukkan diagnosa pneumonia bilateral (paru-paru).

Karena Kota Tikep belum memiliki dokter spesialis paru, sehingga Wali Kota Tikep yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tikep ini dirujuk ke Ternate, selanjutnya tim medis dari RS Tidore kembali melakukan penjemputan terhadap istri Wali Kota Tikep Hj Sulama Ali Ibrahim untuk dilakukan pemeriksaan dan isolasi.

Sebelumnya, Sekretaris Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Asrul Sani Soleman (57 tahun) meninggal pada Sabtu (23/5) dini hari di RSU Chasan Boesoerie Ternate berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sekkot Tikep didiagnosa mengalami pneumonia paru-paru, merupakan pasien RSD Kota Tikep yang dirujuk ke RSU Chasan Boesoerie Ternate.

Adapun pasien positif Covid-19 di Maluku Utara 107 orang. Dengan rincian, Kota Ternate memiliki pasien terkonfirmasi positif terbanyak yakni 64 orang, Kota Tidore Kepulauan 14 orang, Halmahera Utara sembilan orang, Pulau Morotai tujuh orang, Kepulauan Sula empat orang, Halmahera Selatan dan Halmahera Tengah dua orang serta Halmahera Timur satu orang, sedangkan Kabupaten Pulau Taliabu belum ada pasien positif Covid-19.

Hasil rapid test kepada 4.968 orang didapatkan 238 orang reaktif yakni 95 OTG, 45 ODP, tujuh PDP dan 91 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 4.730 orang dengan hasil rapid test nonreaktif.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 958 orang terjadi penmbahan secara signifikan sebanyak 107 orang, terutama di Tidore Kepulauan karena terjadinya tracking kontak terhadap pasien positif Covid-19.

Orang Dalam Pengawasan (ODP) mencapai 76 orang atau berkurang satu orang dari Halmahera Selatan karena selesai masa pemantauan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 18 orang, atau terjadi penambahan enam orang dari Halmahera Barat, Ternate dan Tidore Kepulauan.

Saat ini pasien yang menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate tujuh orang dengan rincian empat orang terkonfirmasi positif Covid-19, ODP satu orang dan dua orang PDP serta menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 67 orang dengan rincian 56 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, OTG dua orang, satu PDP dan delapan orang pelaku perjalanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maluku

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top