Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai Merah di Ambon Rp60.000, Cabai Keriting Rp40.000 per Kilogram

Harga cabai merah biasa di Ambon Rp60.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp90.000/Kg atau turun 33 Persen, harga cabai keriting panjang masih tetap mahal yakni Rp40.000/Kg.
Cabai Merah/Bisnis
Cabai Merah/Bisnis

Bisnis.com, AMBON - Harga cabai yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku terutama cabai merah biasa kini bergerak turun cukup tajam jika dibandingkan dengan tiga hari lalu.

Hasil pantauan di lokasi pasar Mardika dan Batu merah, Kamis, pedagang menawarkan harga cabai merah biasa Rp60.000/Kg, atau turun dari sebelumnya Rp90.000/Kg atau turun 33 Persen

Sementara itu harga ecerannya Rp5.000/cupa (cupa ukuran satu kaleng susu kental manis cak nona), dan Rp2.000/tumpuk kecil.

Selain itu, harga cabai keriting panjang masih tetap mahal yakni Rp40.000/Kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

"Harga cabai keriting panjang ini sudah naik sejak minggu yang lalu dari Rp20.000 menjadi Rp45.000/Kg, kemudian turun lagi menjadi Rp40.000, dan terus bertahan hingga kini," ujar Rustam, pedagang di pasar Mardika, Kamis (23/4/2020), seperti dilaporkan Antara.

Ia memgakui stok cabai di pasar sekarang ini cukup banyak baik cabai merah biasa maupun cabai keriting panjang, hal ini disebabkan lancarnya arus pasok dari sentra produksi terutama dari Desa Gemba, Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB),dan juga Namlea, Kabupaten Buru.

Rustam mengatakan, cabai merah biasa maupun cabai keriting panjang yang dijual selama ini dibeli dari petani asal Desa Gemba, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dan juga dari Namlea, Kabupaten Pulau Buru dengan harga yang bervariasi, terutama cabai merah biasa Rp45.000 hingga Rp50.000/Kg, sedangkan cabai keriting dibeli dengan harga Rp30.000/Kg.

Turunnya harga cabai tidak mempengaruhi harga bawang merah maupun bawang putih yang dipatok pedagang saat ini merata yakni Rp36.000/Kg, dan eceran Rp5.000/kantung plastik kecil.

Sementara itu bumbu masak lainnya seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan serei dijual bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000/ikat kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper