Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Mimika Buka Akses Bandara Mozes Kilangin

Akses penerbangan dari dan ke Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kembali dibuka berdasarkan keputusan kepala daerah setempat.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 April 2020  |  12:33 WIB
Ucapan selamat datang di Bandara Mozes Kilangin di Timika, Papua. - Antara
Ucapan selamat datang di Bandara Mozes Kilangin di Timika, Papua. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Akses penerbangan dari dan ke Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, kembali dibuka berdasarkan keputusan kepala daerah setempat.

Untuk penerbangan kargo dan penumpang dari dan ke Timika dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dilaporkan sekitar 100 orang tiba pada Selasa (21/4/2020).

Merespons langkah Pemkab Mimika tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Muhammad Musa’ad mengemukakan bahwa pembukaan akses penerbangan itu dilakukan secara sepihak dan tanpa koordinasi dengan Pemprov Papua.

Padahal, menurut Musa’ad, seluruh bupati dan wali kota se-Provinsi Papua sudah sama-sama sepakat untuk menutup akses penerbangan dan pelayaran untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona jenis baru Covid-19. 

“Kabupaten Mimika membuka akses penerbangan belum koordinasi dengan Pemprov. Maka itu, tadi kita sudah berkoordinasi dengan semua [pemerintah] kabupaten, agar Papua ini menjadi satu kesatuan dan semua pemerintahan tidak mengambil kebijakan sendiri.” kata Musa’ad sebagaimana dikutip dari laman resmi Pemprov Papua pada Rabu (22/4/2020).

Dia menegaskan bahwa semestinya langkah pembukaan akses seperti melakukan koordinasi. “Harus koordinasi sebab Pemprov Papua selama ini selalu mendukung pemerintah kabupaten dan kota terutama yang sudah terpapar virus corona.”

Musa’ad kembali mengingatrkan semua bupati dan wali kota se-Provinsi Papua agar tidak keluar dari kesepakatan penutupan bandara dan pelayaran. Apbila salah melangkah, lanjutnya, upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona tidak dapat berjalan sesuai harapan.

“Sekali lagi saya minta bupati dan wali kota se-Papua kita satu komando. Kado, kalau ada kesepakatan bersama, [pemerintah] kabupaten dan kota harus patuh serta melaksanakannya dengan sepenuh hati,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Virus Corona

Sumber : Papua.go.id

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top