Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Rumah Sakit di Mimika Isolasi 29 PDP Corona

Tiga rumah sakit di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, merawat dan mengisolasi 29 pasien dalam pengawasan (PDP) yang terjangkit virus corona jenis baru COVID-19.
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock
Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona/Antara-Shutterstock

Bisnis.com, TIMIKA – Tiga rumah sakit di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, merawat dan mengisolasi 29 pasien dalam pengawasan (PDP) yang terjangkit virus corona jenis baru COVID-19.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika Reynold Ubra mengatakan mereka menjalani perawatan di RSUD Mimika sebagai rumah sakit rujukan sebanyak 16 orang, RS Tembagapura dan RS Mitra Masyarakat (RSMM) Timika sebagai rumah sakit satelit masing-masing tujuh PDP dan enam PDP.

"Total PDP di Mimika 61 orang. Pada Senin (13/4/2020) ditemukan lagi lima PDP yang dilaporkan oleh RSUD Mimika sebanyak satu PDP, RSMM tiga PDP, dan satu orang dalam pemantauan (ODP) ditingkatkan statusnya menjadi PDP," ungkapnya di Timika pada Selasa (14/4/2020).

Dia mengutarakan sejumlah fasilitas kesehatan setempat juga melaporkan penemuan ODP baru sebanyak 18 orang yaitu di Puskesmas Timika sebanyak dua orang, Rumah Sakit Kasih Herlina sebanyak satu orang dan hasil tracing contact dari penyelidikan epidemologi 15 orang.

Dengan demikian, lanjut Reynold, hingga saat ini total ODP di Mimika mencapai 147 orang

Selain peningkatan temuan dan jumlah PDP dan ODP, menurut dia, juga terjadi peningkatan temuan orang tanpa gejala (OTG) berdasarkan tracing contact dari enam kasus positif COVID-19 yang diumumkan pada 11 April.

Pada Senin (13/4/2020) ditemukan 21 OTG sehingga total OTG di Mimika hingga saat ini berjumlah 221 orang.

Reynold mengatakan saat ini 15 orang menjalani isolasi di Wisma Atlet Mimika yang beralamat di Kelurahan Timika Jaya SP2.

Sebelumnya, di lokasi itu sempat terdapat 20 PDP, ODP, dan OTG yang melakukan program isolasi, tapi 16 di antaranya dinyatakan sehat dan telah menerima surat keterangan sehat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika pada 9 April.

Sejak pembentukan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika pada 18 Maret 2020, jumlah warga Mimika yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 mencapai 19 orang. Dari jumlah itu, tiga orang meninggal dunia dan tiga lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler