Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bawang di Ambon Tinggi: Putih Rp60.000, Merah Rp50.000 per Kg

Harga bawang yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku hingga kini masih bertahan tinggi sejak tiga hari yang lalu.
Bawang putih./JIBI
Bawang putih./JIBI

Bisnis.com, AMBON - Harga bawang yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku hingga kini masih bertahan tinggi sejak tiga hari yang lalu.

"Harga bawang masih terus bertahan tinggi belum ada perubahan, walaupun sudah terjadi perubahan di Pulau Jawa maupun Pulau Sumatera dan lainnya," kata Dody, pedagang pasar Mardika, Senin (10/2/2020) seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan para pedagang masih mempertahankan harga bawang putih Rp60.000/Kg dan bawang merah Rp50.000/Kg, dan harga ini sudah bertahan sejak terjadi perubahan harga naik pada Jumat (7/2), dimana harga bawang putih naik saat itu dari Rp40.000, menjadi Rp60.000, dan bawang merah naik dari Rp45.000 menjadi Rp50.000/Kg.

Informasi dari para agen pemasok, dalam waktu dekat akan terjadi perubahan harga naik lagi untuk bawang putih, apalagi bawang putih selama ini merupakan hasil impor dari China.

"Mudah-mudahan masih bisa terus bertahan atau turun dari harga Rp60.000/Kg saat ini hingga menjelang ibadah puasa nanti. Sudah biasa terjadi, mau dibilang apa lagi, selain itu stok juga semakin berkurang d pasar Ambon, karena memang pasokan dari sentra tidak lancar lagi," katanya.

Norra, warga Kelurahan Mangga dua yang ditemui seusai membeli setumpuk bawang putih dengan harga Rp5.000, mengatakan, harga bawang putih naik cukup tajam, bahaya juga, apalagi memasuki bulan April memasuki bulan puasa.

"Apalagi ada pedagang tadi yang mengatakan, harga yang sekarang ini akan naik lagi mengingat di Surabaya juga sudah terjadi kenaikan harga," ujarnya.

Naiknya harga bawang tidak mempengaruhi harga cabai yang hingga kini masih tetap bertahan walaupun bervariasi.

Harga cabai merah biasa para pedagang masih mematok dengan harga berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000/Kg, dan cabai keriting panjang Rp40.000/Kg, sedangkan eceran Rp5.000/tumpuk kecil.

Bumbu masak lainnya yang sekarang ini cukup mahal di pasar yakni Halia yang tadinya Rp5.000/ikat, kini menjadi Rp10.000/Ikat, sedangkan lengkuas, kunyit, dan seray masih terus bertahan Rp5.000/ikat kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler