Pengungsi Gempa Bumi Ambon Diajak Kembali ke Rumah

Berdasarkan pengamatan dan pandangan ahli dinyatakan kemungkinan terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar sangat kecil.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 September 2019  |  14:21 WIB
Pengungsi Gempa Bumi Ambon Diajak Kembali ke Rumah
Sejumlah pasien menjalani perawatan di dalam tenda darurat di teras RSUD Haulussy, Ambon, Maluku, Kamis (26/9/2019). Sejumlah pasien kini menjalani perawatan di tenda-tenda yang dibangun di pelataran halaman parkir rumah sakit pascagempa bumi dengan kekuatan 6,5 SR. - Antara/Izaac Mulyawan

Bisnis.com, AMBON — Menteri sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak pengungsi korban bencana gempa bumi di Ambon dan sekitarnya untuk kembali ke rumah.

"Atas nama pemerintah, Presiden Jokowi menyampaikan keprihatinan yang besar terhadap apa yang dialami masyarakat Ambon terkait bencana gempa yang terjadi Kamis," katanya saat mengunjungi pengungsi di lapangan Hatukau Galunggung Kota Ambon, Senin (30/9/2019).

Ia mengatakan, kunjungan ke Ambon untuk melihat langsung keadaan pengungsi dan memastikan layanan penanggulangan bencana berjalan dengan baik.

"Sangat manusiawi bagi kita semua mempunyai rasa ketakutan untuk pulang ke rumah dan memilih ke lokasi pengungsian karena trauma, tetapi kondisi sudah membalik alangkah baiknya kembali ke rumah dan melakukan aktivitas seperti biasa ," katanya.

Mensos Agus menyatakan, berdasarkan pengamatan dan pandangan ahli dinyatakan kemungkinan terjadi gempa susulan dengan kekuatan yang lebih besar sangat kecil.

"Pemerintah memang tidak bisa memaksakan masyarakat untuk kembali ke rumah, karena hal ini manusiawi, tetapi sebetulnya sudah tidak ada masalah agar masyarakat kembali ke rumah," ujarnya.

Mensos juga berkesempatan berdialog dengan ratusan anak-anak pengungsi, dan mengajak untuk kembali belajar di sekolah.

Dalam percakapan, Menteri menanyakan siapa yang ingin menjadi menteri? tugas menteri itu apa? Pertanyaan menteri dijawab anak-anak pengungsi dengan sangat antusias.

"Alhamdulillah sudah ada keceriaan di wajah anak-anak Ambon karena bisa bercanda, tetapi belum kembali ke sekolah untuk belajar," katanya.

Ditambahkannya, program layanan psikososial akan diturunkan ke titik bencana di Kota Ambon dan sekitarnya, agar anak-anak pengungsi cepat melupakan kejadian gempa dan hidup normal," kata Mensos.

Selain mengunjungi lokasi pengungsian, Mensos juga mengunjungi korban gempa yang sementara dirawat di RSUD dr Haulussy Ambon dan menyerahkan santunan bagi korban luka-luka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ambon

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top