Banjir Bandang Sentani, Papua : Wapres JK Sebut BNPB Terus Bergerak

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan daerah terus bergerak menangani dampak banjir bandang di Sentani, Papua.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 17 Maret 2019  |  17:15 WIB
Banjir Bandang Sentani, Papua : Wapres JK Sebut BNPB Terus Bergerak
Sejumlah warga melihat rumah yang rusak akibat banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3/2019). - ANTARA/Gusti Tanati

Bisnis.com, BANDUNG -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus bergerak menangani dampak banjir bandang di Sentani, Papua.

Menurut Jusuf Kalla pemerintah pusat akan turut membantu pemulihan jika dari laporan yang masuk ternyata memiliki tingkat kerusakan meluas.

"Penanganan bencana begitu sudah ada aturannya. Itu BNPB, Daerah untuk menangani itu [awalnya]. Namun demikian tentu tergantung besarannya, nanti akan dibantu oleh Pemerintah [pusat] apabila memang bencana besar seperti itu," kata Jusuf Kalla di Bandung, Minggu (17/3/2019).

BNPB menyebutkan Tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Disebutkan Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan belum semua daerah terdampak dapat dijangkau karena terhalang pohon, batu, lumpur dan material banjir banjir bandang.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyebutkan Kepala BNPB Doni Monardo telah melaporkan kepada Presiden dampak bencana dan penanganan bencana banjir bandang.

"Kepala BNPB bersama unsur dari Kementerian Lembaga hari ini berangkat ke Sentani untuk memberikan pendampingan dan bantuan kepada Pemda Jayapura dan Papua," kata Sutopo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, banjir bandang, Sentani

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top