Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maluku Utara Dorong Investor Masuk Sofifi

Pemprov Maluku Utara mendorong para investor untuk memanfaatkan kawasan industri yang akan disiapkan Pemprov di Sofifi.
Pelabuhan speedboat Sofifi, Maluku Utara./Antara
Pelabuhan speedboat Sofifi, Maluku Utara./Antara

Bisnis.com, TERNATE – Pemprov Maluku Utara mendorong para investor baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin membangun industri di Malut untuk memanfaatkan kawasan industri yang akan disiapkan Pemprov di Sofifi.

"Kawasan industri yang akan disiapkan Pemprov Malut di Sofifi itu sangat prospektif untuk lokasi pembangunan berbagai jenis industri yang memanfaatkan potensi sumber daya unggulan di daerah ini seperti industri pengelolahan, produk perkebunan dan perikanan," kata Kepala Penindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Malut, Asrul Gailela di Ternate, Kamis (14/3/2019).

Salah satu industri pengelolahan produk perkebunan yang diharapkan dibangun di kawasan industri di Sofifi itu adalah industri pengelolaan kopra dan berbagai produk turunannya, agar produk kelapa di daerah ini tidak lagi mengandalkan pemasarannya untuk kebutuhan industri di provinsi lain.

Menurut dia, Pemprov Malut akan membangun berbagai infrastruktur penunjang di kawasan industri di Sofifi tersebut, sehingga para investor yang akan membangun industri hanya berkonstrasi membangun fasillitas industrinya.

Pemprov Malut juga telah memprogramkan pembangunan berbagai infrastruktur penunjang lainnya di Sofifi untuk mendukung aktivitas industri di daerah itu di antaranya pelabuhan kontainer dan bandara internasional, yang nantinya akan menjadi pintu keluar masuk Malut.

Investor yang akan membangun industri di kawasan industri di Sofifi, kata Asrul Gailea, akan mendapatkan berbagai kemudahan, seperti kemudahan perizinan, keringanan pajak serta jaminan keamanan dan kepastian hukum dalam berusaha.

Khusus untuk kebutuhan energi listrik untuk industri di kawasan industri di Sofifi, Pemprov Malut kini terus mendorong pemanfaatan potensi sumber energi terbarukan yang ada di daratan Halmahera berupa panas bumi, seperti di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat yang sudah dalam proses ekspolerasi.

Dia menambahkan Sofifi masuk dalam program pengembangan 10 kota baru di Indonesia yang pembiayaannya dialokasikan dari APBN, sehingga pembangunan berbagai infrastruktur di kawasan industri di Sofifi juga mendapat dukungan dari APBN.

Selain di Sofifi, kawasan industri juga dibangun sejumlah daerah di Malut, seperti Morotai yang diarahkan untuk industri kelautan dan perikanan serta industri pariwisata dengan melibatkan peran kalangan swasta dalam pembangunan kawasan industri itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler