Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Emas di Emperan Pertokoan Ambon Mulai Ramai

Kegiatan transaksi emas pinggiran pada emperan pertokoan Ambon Plaza yang terdapat di jalan J.Latuhari hari maupun di depan Kantor Pegadaian Kota Ambon mulai terlihat ramai.
Perajin menyelesaikan pembuatan perhiasan lapis emas./Antara-Dedhez Anggara
Perajin menyelesaikan pembuatan perhiasan lapis emas./Antara-Dedhez Anggara

Bisnis.com, AMBON – Kegiatan transaksi emas pinggiran pada emperan pertokoan Ambon Plaza yang terdapat di jalan J.Latuhari hari maupun di depan Kantor Pegadaian Kota Ambon mulai terlihat ramai.

"Pengunjung sudah mulai ramai abang sejak tiga hari belakangan ini, ada yang membeli dan ada yang menjual," kata Udin pembeli emas di depan toko Ciwangi, pertokoan Ambon Plaza, Jumat (14/12/2018).

Ia menjelaskan sejak beberapa hari belakangan ini dirinya seperti mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

"Hari kemarin saya berhasil menjual emas berbentuk kalung 10 gram dengan harga yakni Rp550.000/gram, hari ini (Jumat, 14/12) sejak pagi sudah berhasil membeli enam gram emas dalam bentuk cincin," ujarnya.

Pokoknya lumayan sebab hari-hari kedepan pasti ada saja warga yang datang menjual maupun membeli.

"Situasi ini sudah terbiasa menjelang hari-hari keagamaan, ada warga yang memerlukan dana untuk perayaan hari besar agama seperti sekarang ini yakni hadapi hari raya Natal, sudah pasti memerlukan dana, sebaliknya ada juga warga yang ingin berdandang dalam menyambut perayaan hari raya Natal terpaksa harus membeli," ujarnya.

Ditanya sistem seperti apa yang dilakukan dalam bertransaksi, Udin katakan, kalau saya membeli emas dari warga yang datang menjual dilihat dulu apakah sudah lama atau ada rusak atau patah barulah dilakukan penawaran.

Ia menjelaskan kalau barang emas itu sudah lama dan perlu dicuci lagi sebelum dijual maka di patok harga Rp450.000/gram, sedangkan yang rusak atau patah Rp420.000 hingga Rp430.000/gram.

Djodi tukang solder emas yang berdampingan dengan Udin mengakui hal itu, sebab hasil pembelian harus dicuci lagi seperti baru kemudian dijual lagi dengan harga Rp550.000/gram.

Sedangkan yang rusak harus disolder lagi dengan harga Rp20.000/titik solder, jadi kalau emas pata tidak titik berarti yang punya harus membayar Rp75.000.

"Jadi belakangan ini kegiatan transaksi emas mulai ramai lagi, hanya saja kebanyakan warga yang datang untuk menjual," ujarnya.

Hasil pantauan di toko emas sekarang ini di Kota Ambon , harga emas yang dipatok yakni Rp610.000/gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper