PLN Timika Targetkan Perbaikan Jaringan Awal Desember

PT PLN (Persero) Area Timika, Papua, menargetkan perbaikan dan pemeliharaan jaringan maupun pembangkit listrik akan dilakukan hingga awal Desember 2017 sehingga berpotensi terjadi pemadaman terjadwal ke rumah-rumah pelanggan.
Pekerja memperbaiki jaringan listrik PLN./Bloomberg-Dimas Ardian
Pekerja memperbaiki jaringan listrik PLN./Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, TIMIKA - PT PLN (Persero) Area Timika, Papua, menargetkan perbaikan dan pemeliharaan jaringan maupun pembangkit listrik akan dilakukan hingga awal Desember 2017 sehingga berpotensi terjadi pemadaman terjadwal ke rumah-rumah pelanggan.

Manajer PLN Area Timika Salmon Karet mengatakan perbaikan dan pemeliharaan jaringan maupun pembangkit dilakukan untuk memastikan kondisi pasokan listrik di wilayah itu akan aman saat hari raya Natal hingga Tahun Baru 2018.

"Sejak beberapa bulan belakangan, tim kami setiap hari terus berada di lapangan baik siang maupun malam hari untuk melakukan pemeliharaan atau perawatan jaringan maupun pembangkit agar nanti saat Natal dan Tahun Baru tidak ada gangguan dari sisi teknis," jelas Salmon di Timika pada Senin (27/11/2017).

Sehubungan dengan itu, PLN Area Timika meminta pelanggan listrik untuk memahami kondisi tersebut. Pemadaman secara terjadwal, katanya, dilakukan rutin setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Salmon mengatakan pemadaman listrik bisa juga terjadi lantaran adanya pekerjaan jalan dan perbaikan drainase yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Mimika pada sejumlah ruas jalan utama di Kota Timika seperti Jalan Cenderawasih dan Jalan Hasanuddin.

Pekerjaan pelebaran jalan-jalan itu, katanya, juga berimbas pada terganggunya fasilitas umum yang sudah ada seperti tiang listrik, trafon dan lainnya.

"Kalau ada tiang listrik atau trafo yang harus digeser maka sudah tentu akan terjadi pemadaman. Seperti di Jalan Cenderawasih, kalau terjadi gangguan di situ maka otomatis akan berpengaruh sampai ke SP2-SP3 bahkan sampai ke SP12 dan SP13," jelas Salmon.

PLN Timika berharap pekerjaan pelebaran jalan dan pembuatan drainase di Jalan Cenderawasih dan Jalan Hasanuddin bisa dipercepat agar tidak sampai mengganggu jaringan listrik ke rumah-rumah warga, apalagi menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

Saat ini daya tersedia di PLN Timika sebanyak 25 mega watt. Dengan kondisi cuaca yang panas pada siang hari, PLN Timika harus melakukan pemadaman di beberapa lokasi pada malam hari, terutama saat beban puncak terjadi pada pukul 18.00-20.00 WIT.

Adapun total pelanggan PLN Timika hingga akhir November 2017 mencapai 53.000, di mana 49.000 di antaranya ada di Kota Timika, sisanya tersebar di Asmat, Yahukimo dan Nduga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler