Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bulog Papua Siap Pacu Penyerapan Beras Petani

Bulog menargetkan membeli 24.500 to beras dari petani di Merauke hingga Desember mendatang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  06:00 WIB
Ilustrasi. - Antara/Asep Fathulrahman
Ilustrasi. - Antara/Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAYAPURA - Kepala Divisi Regional Bulog Papua dan Papua Barat Ahmad Kholisun mengatakan siap membeli 24.500 ton beras dari petani di Merauke.

Bulog menargetkan membeli 24.500 to beras dari petani di Merauke hingga Desember mendatang, kata Kepala Divisi Regional Bulog Papua dan Papua Barat Ahmad Kholisun kepada Antara di Jayapura, Kamis (8/10/2020).

Dikatakan, dari target tersebut yang sudah diserap sebanyak 12.500 ton dengan tetap memperhatikan syarat kualitas kuantititas sesuai ketentuan.

Apabila telah mencapai target ternyata masih terdapat beras produksi petani Merauke yang memenuhi syarat maka Bulog tetap akan membeli sesuai ketentuan, kata Kholisun.

Diakui, beras yang diserap dari petani Merauke akan didistribusikan ke kantor cabang Bulog lainnya yang ada di Papua dan Papua Barat, namun mengingat tingginya biaya angkutan dari Merauke maka pihaknya akan libatkan berbagai instansi terkait.

Bulog akan berkoordinasi dengan Pemda Merauke, Pemprov Papua dan Papua Barat melalui Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Pelni dan Kementerian Perhubungan agar dibuka jalur khusus atau tarif khusus angkutan komoditi pangan dari Merauke sehingga biayanya lebih murah dan terjangkau.

Sebelumya Bulog hanya membeli beras dari petani Merauke dalam jumlah terbatas karena diperuntukkan program komersial namun dengan adanya kebijakan baru maka pihaknya akan membeli sesuai target.

Walaupun beras petani sudah terserap namun pihaknya juga tetap membeli gabah.

Persediaan beras di gudang Bulog Merauke saat ini tercatat sekitar 12.000 ton sedangkan untuk golongan anggaran dan lainnya sebulan 550 ton.

Bulog Merauke melayani kawasan Selatan Papua yakni Kabupaten Boven Digul, Mappi, Asmat dan Merauke, ungkap Ahmad Kholisun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top