Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Penghunian Sarana Akomodasi Wisata di Maluku Meningkat

Tingkat penghunian kamar hotel di Maluku meningkat dibandingkan tahun kemarin.
Ilustrasi kamar hotel.
Ilustrasi kamar hotel.

Bisnis.com, AMBON - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Maluku mencatat tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Maluku maupun akomodasi lain di daerah ini selama bulan Juli 2020 terjadi peningkatan.

"Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Maluku selama Juli 2020 mencapai 40,50 atau meningkat 1,75 poin jika dibanding Juni 2020," kata Kepala BPS Provinsi Maluku Asep Riyadi di Ambon, Kamis (3/9/2020).

Jika dibandingkan lagi dengan TPK hotel berbintang pada bulan Juli 2019 yang tercatat sebesar 37,79 persen, maka TPK hotel di Maluku mengalami peningkatan 2,71 poin.

Sedangkan TPK akomodasi lain selama Juli 2020 di Maluku mencapai 7,96 persen atau meningkat 1,76 poin dibanding Juni 2020.

Asep menjelaskan, tabel menunjukkan bahwa TPK hotel bintang tertinggi pada Juli 2020 terjadi di hotel bintang empat dengan nilai 76,66 persen, sedangkan terendah terjadi di hotel bintang satu sebesar 3,04 persen jika dibandingkan dengan Juni.

"Kenaikan TPK pada beberapa hotel disebabkan hotel-hotel tersebut digunakan oleh perusahaan swasta sebagai tempat karantina Covid-19," ujarnya.

Jadi yang jelas tidak ada tamu asing yang menginap di hotel bintang di Maluku pada Juli 2020, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

Rata-rata lama menginap tamu domestik di hotel bintang di Maluku pada Juli 2020 selama 4,57 hari, atau mengalami penurunan 0,10 poin dibanding Juni 2020. jika dibanding dengan Periode yang sama tahun 2019 terjadi peningkatan rata-rata lama menginap tamu domestik sebesar 2,45 poin.

"Kondisi yang demikian juga terjadi pada akomodasi lain dimana tidak ada orang asing yang menginap, angka ini tidak mengalami perubahan dengan bulan Juni karena memang tidak ada tamu asing yang menginap," ujarnya.

Sedangkan rata-rata lama menginap tamu domestik di akomodasi lain pada Juli 2020 rata-rata 1,55 hari atau turun 0,32 poin dibanding Juni 2020.

Menurutnya, penyebab utama tidak adanya tamu asing menginap di hotel bintang di Maluku karena adanya pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler